Wow, Minum Secangkir Kopi Bisa Menambah Hidup Kita 9 Menit Setiap Hari

DokterSehat.Com– Penelitian kesehatan kembali menemukan fakta menarik dari kebiasaan meminum kopi. Minuman yang disukai oleh sebagian manusia di seluruh dunia ini ternyata bisa menambah usia kita setidaknya 9 menit setiap hari. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-kopi-demensia

Tak hanya satu, namun dua penelitian kesehatan sekaligus yang berhasil menemukan fakta ini. Dalam salah satu dari penelitian tersebut, diketahui bahwa mengkonsumsi secangkir kopi dalam sehari akan menurunkan resiko kematian dini yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, hal ini juga akan mencegah resiko kematian yang disebabkan oleh masalah pada saluran pencernaan. Mereka yang mengkonsumsi 350 ml kopi setiap hari sudah mampu menurunkan resiko terkena kematian dini sebanyak 12 persen dalam 16 tahun. jika konsumsi kopi ini ditingkatkan hingga 3 cangkir, maka resiko ini bahkan bisa menurun hingga 18 persen.

Pakar kesehatan Profesor Sir David Spiegelhater yang berasal dari Public Understanding of Risk yang ada di University of Cambridge menyebutkan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi memang bisa menambah usia rata-rata pria hingga 3 bulan dan 1 bulan untuk wanita. Hal ini setara dengan 9 menit dalam sehari bagi pria atau 3 menit dalam sehari bagi wanita. Melihat adanya fakta ini, Prof. Sir Spiegelhater pun sangat merekomendasikan minuman yang sangat nikmat ini.

Penelitian lain yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Imperial College London dan University of Southern California (USC) menghasilkan fakta bahwa kopi memiliki efek perlindungan bagi tubuh karena memiliki kandungan antioksidan dan komponen peningkatkan kesehatan tubuh yang mampu melawan resistensi insulin, menurunkan inflamasi, dan meningkatkan fungsi hati. Dr. Veronica Setiawan, salah seorang pakar kesehatan dari USC, menyebutkan bahwa kopi memang kaya akan antioksidan dan komponen fenolik yang berperan besar dalam mencegah kanker.

Baca Juga:  Ampas Kopi Ternyata Kaya Akan Antioksidan Pencegah Kanker

Melihat adanya fakta ini, Dr. Setiawan bahkan menyarankan mereka yang tidak begitu suka minum kopi untuk mulai rajin mengkonsumsinya karena bisa memberikan begitu banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.