Wow, Jahe Ternyata Bisa Mengatasi Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Jahe termasuk dalam rempah-rempah yang kerap kita konsumsi sehari-hari. Tak hanya dijadikan bumbu yang akan melezatkan makanan, jahe juga bisa diolah menjadi minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jahe sangatlah baik untuk dikonsumsi andai kita mengalami rasa tidak nyaman atau gejala flu. Tak hanya itu, meminum jahe disebut-sebut mampu mengatasi peradangan dalam tubuh hingga menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker atau tumor. Sebenarnya, apa sajakah khasiat dari rempah-rempah ini bagi kesehatan tubuh kita?

doktersehat-jahe

Mengatasi morning sickness pada ibu hamil
Karena adanya perubahan hormonal saat fase-fase awal kehamilan dan adanya janin yang mulai terbentuk pada rahim, ibu hamil akan merasakan tidak nyaman pada kondisi tubuhnya dan akhirnya mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual-mual atau muntah-muntah. Beruntung, jika ibu hamil mau meminum air jahe, maka rasa mual-mual dan gejala morning sickness secara keseluruhan bisa diatasi. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi air jahe ini secara berlebihan mengingat kemampuan minuman ini membuat tubuh lebih panas. 1 hingga 1,5 gram jahe sudah cukup untuk dikonsumsi ibu hamil setiap harinya.

Mengatasi nyeri haid
Saat menstruasi, cukup banyak wanita yang tersiksa dengan adanya rasa nyeri atau kram perut yang bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Demi mengatasi hal ini, ada baiknya wanita mengkonsumsi 1 gram jahe pada saat tiga hari pertama fase menstruasi.

Mengatasi maag
Kadar asam lambung yang naik bisa membuat masalah perut kembung atau sakit maag yang tentu sangat tidak nyaman. Dengan meminum air jahe, maka saluran pencernaan akan menjadi lebih tenang sekaligus menurunkan produksi gas pada perut.

Baca Juga:  Manfaat Ekstrak Jahe sebagai Antioksidan Pada Kanker Prostat

Meredakan nyeri otot
Dengan mengkonsumsi jahe, maka otot-otot tubuh menjadi lebih tenang sehingga akan lebih baik dalam meredakan rasa nyerinya.