Wow, Daun Sirih Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com – Apa yang akan anda pikirkan pertama kali tentang daun sirih? Cukup banyak orang yang mengingatnya sebagai salah satu bahan menginang orang tua jaman dahulu. Tak hanya itu, daun sirih juga kerap digunakan sebagai bahan alami yang mampu mengobati masalah sakit gigi, khususnya gigi berlubang. Namun, menurut pakar kesehatan, ada begitu banyak manfaat kesehatan lainnya yang bisa didapatkan dari daun sirih. Apa sajakah manfaat tersebut?



Membantu proses penyembuhan luka
Daun sirih ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stress oksidatif sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan setelahnya tinggal dibungkus dengan perban. Luka ini pun akan bisa segera sembuh hanya dalam 1-2 hari saja.

Mengatasi gangguan pencernaan
Saat perut terasa tidak nyaman, maka kita bisa meminum air rebusan daun sirih. Konsumsi air ini akan membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, kita juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

Mengatasi sakit tenggorokan
Tak hanya kaya akan kandungan antioksidan, daun sirih juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Cukup banyak obat-obatan yang menggunakan bahan alami dari daun sirih karena mampu mengatasi demam atau sakit tenggorokan.

Membantu menurunkan berat badan
Rutin mengkonsumsi daun sirih ternyata mampu membuat sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Tak hanya itu, hal ini akan membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari tubuh. Serat dari daun sirih juga membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Hal ini tentu akan membuat berat badan semakin mudah turun.

Baca Juga:  Fobia Takut Sendirian, Dependency Disorder

Mengobati nyeri
Tingginya kandungan polifenol bernama chavicol pada daun sirih membuat daun ini memiliki sifat anti inflamasi yang sangat kuat. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih, maka kita akan mengatasi rasa nyeri yang muncul pada tubuh.