Wow, Buah Ini Ternyata Bisa Mengatasi Kanker Lambung

DokterSehat.Com– Salah satu sayuran yang sangat baik bagi kesehatan tubuh adalah tomat. Tak hanya menyediakan berbagai macam nutrisi sehat, tomat disebut-sebut mampu membuat kulit kita tetap cantik. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa tomat ternyata juga mampu menangkal berbagai penyakit, termasuk diantaranya adalah kanker lambung. Bagaimana cara tomat bisa mengatasi penyakit yang berbahaya ini.

doktersehat-tukak-lambung-Ulkus-Peptikum-kanker

Fakta bahwa tomat mampu mengatasi kanker lambung ini diungkapkan oleh laman kesehatan Medical Daily. Laman kesehatan tersebut mempublikasikan jurnal kesehatan berjudul Journal of Cellular Physiology dimana di dalam jurnal ini terdapat penelitian yang menunjukkan manfaat dari ekstrak buah tomat yang didapat dari dua jenis tomat; tomat San Marzano dan tomat Corbarino yang banyak tumbuh di Italia Selatan. Ekstrak buah tomat ini ternyata mampu mencegah sel agar tidak berubah menjadi kanker ganas.

Daniela Barone, salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, menyebutkan bahwa Ia menduga kandungan di dalam tomat yang bernama likopen ternyata bisa memberikan efek anti tumor. Saat ekstrak buah tomat ini bertemu dengan sel kanker pada lambung, sel-sel kanker kemudian mengalami kematian sehingga tidak mampu menyebar ke bagian tubuh lain.

Menurut Barone, Ia dan timnya memang belum benar-benar secara rinci menemukan fakta bagaimana ekstrak buah tomat ini bisa mengatasi kanker sehingga akan melakukan penelitian lebih mendalam akan hal ini. Namun, pada tahun 2014 lalu, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi 10 porsi tomat dalam sepekan mampu menurunkan kanker prostat hingga 18 persen lebih rendah. Hal ini berarti, tomat memang bisa memberikan manfaat dalam mencegah penyakit kanker ini sehingga sebaiknya mulai kita pertimbangkan sebagai makanan yang rutin untuk dikonsumsi sehari-hari, baik itu sebagai campuran sayuran lainnya atau dikonsumsi secara langsung saat masih dalam bentuk tomat segar.