Waspda Jantung Berdebar Dan Resikonya Bagi Kita

DokterSehat.Com – Jantung berdebar merupakan perasaan jantung bekerja dengan lebih cepat sehingga kita bisa merasakan denyut jantung yang berbeda dari biasanya. Namun jika anda merasakan debaran tersebut bukan pada situasi-situasi tersebut tentu anda perlu mengetahui penyebab lain terjadinya hal tersebut.

5471903314_7cc11489b2_b

Berikut beberapa penyebab jantung berdebar-debar yang perlu anda ketahui dan waspadai :

  • Dehidrasi
    Saat cairan dalam darah mulai berkurang, maka darah anda akan menjadi kental dan peredarannya melambat. Untuk menjaga aliran darah tetap bisa menutrisi seluruh organ vital dalam tubuh, maka jantung akan berusaha untuk memompa lebih keras. Hal inilah yang menyebabkannya berdebar lebih keras dari normalnya.
  • Gaya hidup yang salah dan tidak sehat
    Bagi anda yang sering mengonsumsi kopi, alkohol atau perokok berat tentu tidak heran jika jantung anda mengalami masalah. Hal tersebut dikarenakan, jantung anda memberikan tanda pada anda bahwa dia tidak kuat dengan bahan kimia yang terdapat pada kebiasaan anda tersebut.
  • Masalah kesehatan jantung
    Jika anda merasakan detak jantung yang tidak normal atau terkadang serasa lebih kencang maka bisa jadi ada masalah pada jantung yang menunjukkan jantung anda sedang tidak sehat. Debaran tersebut merupakan tanpa jantung sedang bekerja keras dalam memompa darah pada bagian tertentu.
  • Hipertensi
    Saat tekanan darah anda menjadi tinggi tentu jantung harus memompa darah dengan lebih keras, sehingga hal tersebut membuat jantung anda berdetak lebih kencang dan anda merasa berdebar.

Memeriksakan kesehatan jantung anda menjadi pilihan yang bijak untuk mengetahui apakah jantung anda dalam keadaan yang baik atau ada masalah di beberapa bagain. Sehingga anda bisa segera mengambil tindakan untuk bisa meminimalisasi resiko buruk terjadinya penyakit jantung.

Baca Juga:  Penyakit Jantung Menjauh dengan Makan Satu Buah Apel Tiap Hari

Meghindari penyebab jantung berdebar kencang tiba-tiba

Anda perlu mengetahui ambang batas debaran jantung yang normal dan tidak normal. Dalam keadaan tenang rata-rata jantung berdetak sebanyak 60-100 kali per menit dan yang normal adalah sekitar 70 kali per menit. Perhatikan kisaran tersebut untuk menentukan penyebab jantung berdebar kencang tiba-tiba, sehingga anda tidak perlu panik saat mengalaminya.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah adalah ubah pola makan menjadi lebih sehat, jangan stres, konsumsi ikan yang kaya omega-3 akan lebih baik dan melakukan pemeriksaan secara berkala juga menjadi penting untuk dilakukan. Sehingga penyebab jantung berdebar bisa segera anda temukan dan mengatasinya dengan cara yang tepat.