Waspadalah Gejala Usus Buntu Mirip Gejala Maag

doktersehat-sakit-perut-mens-celiac

DokterSehat.Com– Usus buntu atau appendix vermiformis adalah organ yang terdapat pada tubuh manusia yang terletak di sebelah kanan bawah rongga perut. Usus buntu berfungsi sebagai organ imunologik dan berperan aktif dalam sekresi immunoglobulin atau semacam suatu kekebalan tubuh yang berisi kelenjar limfoid.

Penyakit usus buntu atau dalam istilah kedokteran disebut appendicitis adalah akibat tersumbatnya muara usus buntu oleh berbagai hal seperti cacing, kotoran penderita yang mengering, biji jambu batu, biji cabe, tumor usus, dan lain sebagainya. Sumbatan tersebut meyebabkan produksi lendir usus buntu tidak tersalurkan ke usus besar, dan berakibat pada pembengkakan serta terjadinya infeksi di usus buntu. Dari namanya memang usus buntu hanya mempunyai satu saluran pembuangan, yaitu ke usus besar, jadi jika saluran itu tersumbat produksinya akan bertumpuk. Pembengkakan dan infeksi usus buntu menyebabkan penyakit radang usus buntu yang dapat bersifat akut atau kronis.

Usus buntu yang meradang besar kemungkinan akan pecah, hal ini dapat mengancam kehidupan penderitanya. Bila tidak segera diatasi akan berakibat pada pecahnya usus buntu dan berakhir dengan kematian.  Banyak penderita penyakit usus buntu tidak sadar bahwa telah menderita penyakit berbahaya itu sebab gejala penyakit ini biasanya bisa diketahui setelah penyakit tersebut sudah parah.

Gejala

Gejala usus buntu tergantung pada tingkat/stadium penyakit tersebut diantaranya:

Gejala Usus Buntu Akut

Dalam kondisi tersebut tubuh akan timbul panas tinggi, mual/ muntah, nyeri perut kanan bawah, buat berjalan jadi sakit sehingga agak terbongkok, akan tetapi tidak semua penderita akan menunjukkan gejala usus buntu seperti ini, bisa juga hanya bersifat meriang, atau mual/ muntah saja.

Gejala Usus Buntu Kronik

Pada tingkatan ini gejala usus buntu yang timbul sedikit mirip dengan sakit maag dimana terjadi nyeri samar di daerah sekitar pusar dan terkadang demam yang hilang timbul. Seringkali disertai dengan rasa mual, bahkan kadang muntah, kemudian nyeri itu akan berpindah ke perut kanan bawah dengan tanda-tanda yang khas pada apendisitis akut yaitu nyeri pada titik Mc Burney.

Penyebab usus buntu dikarenakan terjadinya penyumbatan bagian dalam usus buntu, yang dikenal sebagai lumen sehingga menyebabkan tekanan meningkat, aliran darah terganggu, dan peradangan. Jika tidak segera diobati, ada kemungkinan radang usus buntu tersebut pecah dan membutuhkan penanganan medis yang sangat serius seperti operasi usus buntu.

Jika sudah terjadi sumbatan total pada usus buntu maka harus segera di operasi, jika sumbatannya tidak total dan tidak mengganggu aktivitas maka operasi masih bisa ditunda tetapi pasti peradangannya akan berulang.