Waspadalah Dengan Masalah-Masalah Kulit Ini

DokterSehat.Com – Jika kita mengalami gangguan kulit, kita seringkali mengaitkan gangguan pada kulit ini sebagai gejala alergi, tergigit serangga, atau sekadar karena kita kurang baik dalam menjaga kebersihan badan. Dalam realitanya, masalah pada kulit layaknya gatal-gatal, ruam-ruam, hingga kulit yang terkelupas memang kerap kali disebabkan oleh hal-hal tersebut. Hanya saja, ada beberapa masalah kulit yang sebaiknya tidak kita sepelekan karena bisa jadi ini adalah tanda akan adanya penyakit yang jauh lebih berbahaya. Apa sajakah masalah-masalah kulit yang sebaiknya kita waspadai?

doktersehat-dermatitis-kontak-Porfiria-kanker-kulit

Kadangkala suhu udara sangat dingin atau karena kita berada dalam ruangan ber-AC, dan kulit kita akan mengalami bercak-bercak kemerahan yang terlihat kering dan mudah terkelupas. Jika hal ini yang terjadi, maka kita tidak perlu mengkhawatirkannya karena ini hanyalah tanda kelembaban dan pelindung kulit kita yang sedang rusak. Namun, jika masalah kulit ini disertai dengan rasa sembelit, rasa lelah berlebihan, hingga bertambahnya berat badan, ada baiknya kita mewaspadai masalah hipotiroid atau tiroid dalam tubuh yang kurang aktif.

Kadangkala kita sedang melakukan kegiatan di luar ruangan dan membuat kulit kita terpapar sinar matahari secara langsung dan pada akhirnya menimbulkan bintik-bintik pada kulit, maka hal ini disebut sebagai masalah surprise freckles. Sebenarnya, surprice freckles adalah cara alami kulit dalam melawan kerusakan dari sinar matahari. Namun, karena adanya resiko terkena melanoma dari munculnya bintik-bintik ini, ada baiknya kita segera mendatangi dokter kulit untuk menanganinya.

Pernahkah anda mengalami jerawat batu yang sangat membuat frustrasi karena susah mengempis dan terasa sangat nyeri saat tersentuh? Jerawat batu ternyata bisa menjadi tanda bahwa anda sedang dalam masa stress dan membuat hormon-hormon memicu inflamasi berupa jerawat batu pada leher atau wajah. Jika kaum wanita mengalami jerawat batu yang sudah diobati namun tak kunjung sembuh, bisa jadi kaum hawa mengalami sindrom ovarium polikistik yang merupakan kondisi pembesaran ovarium yang tentu harus diperiksakan ke dokter karena bisa berimbas cukup berbahaya.