Waspadalah Cacing Pita Menyebabkan Tumor

DokterSehat.Com – Cacing pita bukan merupakan hal baru bagi dunia medis. Yang terbaru adalah ternyata cacing pita bisa menginfeksi manusia dengan tumor. Ilmuwan dari Centersfor Disease Control terkejut ketika menemukan penyakit mirip kanker yang ditemukan pada seorang pria berumur 40-an yang dipercaya berasal dari cacing pita.



Salah satu penemuan kasus adalah pada sekitar beberapa tahun silam, seorang pria di Kolombia mengunjungi dokternya karena selalu merasa lelah, batuk, demam, dan mengalami penurunan berat badan yang drastis. Dokter lalu menemukan jika pria tersebut telah terinfeksi cacing pita yang Hymenolepis nana serta menumbuhkan banyak tumor di beberapa organ tubuhnya.

Tes biopsi dilakukan dan menemukan jika paru-paru serta limpa pria itu penuh dengan tumor di mana dokter di manapun belum pernah melihatnya. Tumor tersebut berukuran 10 kali jauh lebih kecil dari kanker pada manusia. Kumpulan tumor tersebut memiliki DNA yang identik dengan cacing pita di dalam tubuhnya.

Atis Muehlenbachs, seorang patologis CDC dari unit khusus yang mempelajari penyakit-penyakit aneh mengatakan bahwa awalnya, para peneliti tersebut tak yakin dengan apa yang sedang mereka hadapi, dia juga mengungkapkan bahwa sel-sel tersebut mempunyai pola yang sangat mirip dengan sel kanker, tetapi menyatu dalam cara yang tidak lazim untuk ukuran sel manusia.

Awalnya, para peneliti tidak yakin dengan apa yang mereka hadapi, ujar Atis Muehlenbachs, seorang patologis CDC dari unit khusus yang mempelajari penyakit-penyakit aneh. Ketika berbicara dengan Washington Post, Atis mengungkapkan bahwa sel-sel tersebut memiliki pola yang mirip dengan sel kanker, namun menyatu dalam cara yang sangat tidak lazim untuk sel manusia. Para peneliti awalnya mengira sel-sel tersebut adalah sebuah organisme terinfeksi baru, namun setelah menemukan bahwa sel tersebut mengandung DNA Hymenolepis nana, mereka menyadari bahwa mereka menghadapi hal yang sama sekali berbeda.

Baca Juga:  Pusing Saat Berdiri? Waspadai Gangguan Kesehatan Tubuh Berikut

Meski sebelumnya telah diketahui virus serta bakteri bisa menyebabkan seseorang terkena kanker, misal seperti human papillomavirus yang terkenal sebagai penyebab dari kanker serviks, serta bakteri Helicobacter pylori yang mampu menimbulkan kanker perut. Tapi, sebelum ini, tak ada yang tahu jika cacing pita dapat menyebabkan hal yang sangat menakutkan tersebut.

Kejadian tersebut sangat langka, namun cacing pita juga dapat ditemui pada manusia diseluruh dunia yang menderita penyakit yang menyerang daya tahan tubuh, misalnya seperti HIV. Alhasil kemungkinan akan adanya kasus lain yang belum ditemukan cukup besar. Dan memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

BACA JUGA : Menjaga Kesehatan Tulang dengan Karoten