Waspadalah, Bakteri pada Ikan Hias Bisa Menular ke Manusia!

Doktersehat.com – Ikan hias memang sangat menarik untuk dipelihara. Warnanya yang indah serta gerakannya yang lincah dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi pecintanya. Tapi, waspadalah dengan ikan hias yang Anda pelihara sekarang. Menurut penelitian terbaru, ikan hias memiliki bakteri yang bisa menimbulkan penyakit pada manusia.



Ikan hias yang dikirin dari luar negeri ternyata membawa infeksi bakteri yang bisa menular ke manusia. Parahnya, berdasarkan hasil penelitian di Amerika Serikat, bakteri ini tidak dapat disembuhkan dengan obat antibiotik.

Seorang ahli hewan air dari Oregon State University menyatakan bahwa pecinta ikan hias sebaiknya berhati-hati dengan kesehatan ikan yang akan dipelihara. Pasalnya, bakteri pada ikan dapat dengan mudah menyebar ke majikannya.

Peneliti menjelaskan bahwa ikan yang berasal dari Florida, Singapura, dan Kolombia membawa bakteri yang kebal atau resisten antibiotik. Bakteri ini berpotensi menyebabkan flu perut (aeromonas), infeksi kulit (staphylococcus), dan kulit menjadi pucat akibat mycrobacterium.

Sebagai langkah pencegahan sebaiknya periksakan terlebih dahulu ikan hias yang akan Anda pelihara. Pisahkan ikan yang terinfeksi penyakit dalam tempat berbeda selama 30 hari. Para peneliti juga menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun setelah kontak dengan ikan.

Sumber: okezone.com