Waspadai Tanda Dari Ginjal yang Bermasalah Seperti Sebagai Berikut

DokterSehat.Com – Salah satu organ tubuh yang paling penting bagi kesehatan tubuh adalah ginjal. Organ ini memiliki fungsi sebagai penyaring darah, membuang berbagai limbah dari tubuh, hingga menjaga keseimbangan kadar air di dalam tubuh. Melihat pentingnya fungsi organ tubuh ini, kita sebaiknya mewaspadai tanda-tanda dari ginjal yang bermasalah seperti sebagai berikut.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Munculnya gatal-gatal atau ruam-ruam yang tidak biasa
Mengingat salah satu fungsi ginjal adalah membuang berbagai limbah dan racun dari tubuh, maka salah satu tanda dari terganggunya fungsi ginjal ini adalah memicu kulit gatal dan ruam-ruam. Biasanya, gatal-gatal dan ruam ini akan kembali muncul meskipun kita sudah berusaha untuk mengobatinya. Jika hal ini terjadi, maka ada baiknya kita memeriksakan kondisi kesehatan ginjal.

Munculnya rasa logam pada mulut
Berbagai racun dan limbah yang tidak terbuang dari dalam tubuh karena adanya masalah pada fungsi ginjal bisa menyebabkan munculnya rasa logam pada mulut. Tak hanya itu, bau mulut juga akan cenderung lebih menyengat.

Air seni mengalami perubahan warna dan volume
Jika saat buang air kecil kita melihat adanya perubahan warna pada air seni yang menjadi lebih gelap atau disertai dengan darah, maka ada baiknya kita mewaspadai adanya masalah pada ginjal. Tak hanya itu, gangguan pada ginjal juga bisa membuat kita memiliki keinginan buang air kecil yang ternyata palsu. Selain itu, jika volume urine naik dengan signifikan, bisa jadi hal ini juga disebabkan oleh adanya masalah pada ginjal.

Kelelahan berlebihan
Mereka yang mengalami gangguan pada ginjal juga cenderung mengalami gejala kesehatan yang mirip dengan anemia, yakni berupa rasa lelah yang berlebihan. Tak hanya itu, penderita masalah ginjal juga lebih mudah merasa pusing atau dingin.

Baca Juga:  Jangan Mengkonsumsi Makanan Ini Setelah Berolahraga

Mual-mual dan muntah
Banyaknya racun dan limbah pada tubuh juga bisa membuat kita mudah merasa mual dan muntah sebagai cara alami tubuh untuk membuang berbagai racun dan limbah tersebut. Hal ini juga bisa membuat nafsu makan kita menurun drastis. Jika hal ini terjadi, segeralah periksakan kondisi ginjal ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.