Waspadai Sering Kesemutan Bisa Jadi Pertanda Penyakit Berbahaya

DokterSehat.Com – Masalah kesemutan kerap kali diasosiasikan dengan kondisi dimana saluran darah pada bagian tubuh mengalami hambatan. Sebagai contoh, jika kita tertidur dengan kepala menindih salah satu tangan, maka tangan akan berpotensi mengalami kesemutan yang tentu saja akan membuat tangan menjadi mati rasa dan sakit. Jika anda sering mengalami kesemutan pada area kaki meskipun anda merasa harusnya tidak ada hambatan pada peredaran darah ke kaki, anda tentu harus mengetahui apa penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab dari kesemutan pada kaki.

doktersehat-kaki-kesemutan

Penyebab Kesemutan Pada Tubuh
Jika anda mengalami kesemutan pada area kaki, bisa jadi anda mengalami masalah saraf terjepit. Saraf yang terjepit pada area kaki akan menyebabkan rasa kesemutan dan bahkan bisa membuat rasa kebas dan juga nyeri pada kaki. Jika anda mengalami hal ini, anda harus memeriksakan kondisi anda ke dokter sehingga masalah saraf terjepit bisa ditangani dengan baik. Selain saraf terjepit, masalah kesemutan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut sebagai peripheral artery disease. Penyakit ini akan membuat jaringan arteri mengalami penyempitan dan penyumbatan karena banyaknya kandungan lemak dan kolesterol di dalam pembuluh darah. Tumpukan kolesterol dan lemak ini menyebabkan aliran darah ke kaki pun menjadi tidak lancar. Disamping itu, saraf-saraf pada area kaki pun cenderung kekurangan nutrisi dan oksigen sehingga rasa kesemutan pun bisa muncul pada kaki.

Kesemutan Dapat Disebabkan Oleh Penyakit Berbahaya
Penyakit lain yang menyebabkan kesemutan adalah diabetes. Penderita diabetes cenderung memiliki kadar gula darah yang tinggi dan kondisi ini dapat membuat saraf tepi mengalami kerusakan parah. Kesemutan biasanya diawali pada ujung jari-jari kaki dan akhirnya merambat ke kaki. Selain kesemutan, penderita diabetes juga cenderung mudah merasa lapar dan haus namun juga sering ingin buang air kecil.

Baca Juga:  Remaja 19 Tahun Dari New York Ini Mendonorkan Ginjal Untuk Adiknya

Pencegahan dan Penanganan Kesemutan
Selain karena penyakit, mereka yang mengalami masalah kekurangan nutrisi, khususnya kekurangan beberapa vitamin B layaknya B1, B6, dan juga B12 akan mengalami kesemutan pada kedua kaki. Kondisi ini bisa diobati dengan suplemen khusus vitamin B yang banyak tersedia di apotek. Selain itu, jika anda adalah pecandu alkohol, maka kondisi saraf tubuh pun cenderung mudah rusak sehingga anda pun mengalami kesemutan. Satu hal yang pasti, jika kesemutan disertai dengan tanda-tanda layaknya mati rasa, sakit kepala, hingga bagian tubuh yang semakin melemah, anda harus segera memeriksakannya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut karena bisa jadi ini adalah tanda-tanda dari penyakit stroke yang sangat mematikan.