Waspadai Peredaran Beras Plastik

DokterSehat.Com – Akhir-akhir ini ramai diberitakan adanya beras yang dioplos dengan beras sintetis yang terbuat dari plastik. Sebenarnya bagaimana ciri-ciri beras plastik?

13

Terungkapnya beras sintetis yang terbuat dari plastik ini kontan membuat masyarakat khawatir. Isu ini sangat sensitif mengingat nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia.

Chef Nurman dari Hotel Discovery Sky mengatakan, masyarakat harus lebih jeli saat memilih dan membeli beras.

Jika dilihat sekilas, beras asli dan beras palsu memiliki tampilan yang mirip namun jika diperhatikan dengan seksama maka keduanya sangat berbeda, kata Chef Nurman kepada Okezone melalui pesan elektronik, Rabu (20/5/2015).

Karenanya, Chef Nurman menyarankan agar masyarakat mengenali ciri beras sintetis agar terhindar membeli dan mengkonsumsi beras plastik. Chef Nurman menjelaskan beras plastik memiliki ciri yang bisa dikenali antara lain dari bentuk, warna serta teksturnya.

Bentuk

Chef Nurman mengatakan, beras sintetis memiliki bentuk yang lebih mulus dan bagus dibanding beras asli yang terkadang terlihat pecah-pecah dan gompal.

Warna

Sementara dari segi warna, beras sintetis memiliki warna yang lebih bening, hampir mirip dengan kaca. Sementara beras asli umumnya memiliki warna putih susu.

Tekstur

Dari teksturnya, lanjut Chef Nurman, beras sintetis ini lebih keras dari pada beras asli. Beras yang asli kalau digigit kan bulirnya cenderung mudah patah, pungkas Chef Nurman.