Waspadai Peradangan Kulit Kepala yang Berlangsung Cukup Lama

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap jika masalah yang paling diperhatikan pada kepala adalah rambut saja. Memang, dalam realitanya, masalah rambut layaknya rambut rontok, rambut rusak, atau bahkan rambut bercabang akan sangat meresahkan karena bisa membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika kita juga harus mewaspadai masalah pada kulit kepala. Bukan hanya tentang ketombe, kulit kepala juga bisa mengalami iritasi atau bahkan peradangan yang akan membuatnya sangat gatal dan tidak nyaman.

doktersehat-kutu-rambut-gatal

Seorang dermatologist yang berasal dari Lenox Hill Hospital, New York, Amerika Serikat, bernama dr, Doris Day menyebutkan jika iritasi pada kulit kepala harus diwaspadai karena jika sudah dalam kondisi yang sangat parah, maka kulit kepala akan terasa gatal-gatal, berwarna kemerahan, atau bahkan sangat mudah terkelupas. Kondisi ini disebut sebagai psoriasis dan bisa membuat penderitanya sangat mudah merasa gatal pada kulit kepalanya.

Dr. Doris yang juga merupakan penulis buku Forget the Facelift ini menyebutkan jika psoriasis memang tidak menular namun akan sangat berpengaruh pada siklus sel-sel kulit pada kepala. Kondisi ini akan membuat kulit kepala akan mudah sekali mengering dan bahkan mengelupas sehingga bisa memicu iritasi. Hal ini akan membuat penderita psoriasis seakan-akan memiliki ketombe dengan jumlah yang sangat banyak namun bentuk ketombenya berupa serpihan sel kulit kepala keputihan yang kadangkala memiliki ukuran yang cukup besar. Saat kulit kepala baru terbentuk, yang terjadi adalah kulit kepala ini tidak sesehat biasanya. Tak hanya pada kulit kepala, kondisi ini juga akan berpengaruh pada bagian dalam telinga, alis, kumis, hingga bagian sisi pada hidung.

Untuk mengatasi peradangan pada kulit yang parah ini, ada baiknya kita mulai memakai shampoo khusus yang memiliki kandungan sulfur dan asam salisilat yang menurunkan kulit yang mengelupas. Hanya saja, jika peradangan ini sudah berlangsung cukup lama dan tak kunjung mereda, segera datangi dokter untuk penanganan dokter yang lebih baik.