Waspadai Penyebab Keguguran Seperti yang Dialami oleh Ashanty

DokterSehat.Com – Sempat dikabarkan hamil lagi dalam jangka waktu yang cukup sebentar setelah menjalani prosedur operasi Caesar, publik tiba-tiba saja dikejutkan oleh kabar Ashanty Hermansyah yang justru mengalami keguguran beberapa hari yang lalu. Apa penyebab dari keguguran yang dialami oleh artis bersuara merdu ini?



Anang Hermansyah, musisi yang juga suami dari Ashanty, membenarkan kabar keguguran yang dialami oleh istrinya ini. Ia bercerita jika Ashanty mengalami keguguran pada saat melakukan santap makan siang di sela-sela ujian di kampus Bina Nusantara pada hari Sabtu 5 Agustus 2017. Penyebab keguguran ini adalah pendarahan.

Melihat kasus yang terjadi pada Ashanty, setiap wanita yang sedang hamil atau merencanakan ingin mempunyai keturunan sebaiknya mewaspadai masalah pendarahan saat kehamilan. Memang, tidak semua pendarahan saat hamil bisa berbahaya bagi kesehatan ibu atau kehamilan. Namun, bisa jadi pendarahan ini memang tanda adanya masalah dalam kehamilan atau pertanda akan terjadinya keguguran atau abortus. Berikut adalah beberapa gejala pendarahan saat hamil yang patut untuk diwaspadai.

Gejala seperti hamil yang tiba-tiba menghilang
Pendarahan saat hamil kerap kali disertai dengan rasa nyeri pada perut, atau pinggang bagian belakang. Jika gejala ini disertai dengan kondisi kehamilan yang menghilang seperti tidak adanya lagi sensasi mual dan muntah, tidak sensitifnya area payudara, dan perut yang tidak lagi terasa kembung, bisa jadi kita mengalami keguguran spontan yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter. Meskipun terlihat mengenaskan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa 1/3 kehamilan memang bisa berakhir dengan keguguran seperti ini.

Rasa nyeri pada satu bagian perut
Tak hanya pendarahan, jika salah satu bagian perut mengalami rasa nyeri yang sangat hebat sehingga bisa membuat ibu hamil pingsan, maka dikhawatirkan ibu sedang mengalami kehamilan ektopik atau kondisi dimana sel telur yang sudah dibuahi justru berada di luar rahim, tepatnya di saluran telur atau tuba falopi.