informasi kesehatan


Waspadai, Pembengkakan Kelenjar Ludah!

Waspadai, Pembengkakan Kelenjar Ludah!

            

DokterSehat.com – Normalnya setiap manusia memiliki sepasang kelenjar ludah terbesar  yang terletak di belakang sudut rahang dan di depan telinga. Di dasar mulut yang lebih dalam juga terdapat dua pasang kelenjar yang lebih kecil. Sementara kelenjar ludah yang kecil lainnya tersebar di seluruh mulut.

Aliran ludah yang tidak mencukupi bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Pada dasarnya ludah berfungsi  memberikan perlindungan alami terhadap pembusukan gigi, karena itulah kekurangan ludah dapat memicu terjadinya karies gigi.

Aliran ludah bisa terhambat akibat adanya pengendapan kalsium yang membentuk seperti batu di saluran ludah. Sumbatan pada saluran ini bisa menyebabkan tidak mengalirnya ludah sehingga kelenjar ludah mengalami pembengkakan. Akibatnya, kelenjar ludah bisa mengalami infeksi akibat bakteri.

Cedera pada bibir bawah akibat tergigit juga bisa melukai kelenjar ludah kecil sehingga menghambat aliran ludah. Saat tergigit kelenjar akan membengkak dan membentuk benjolan kecil yang lunak dan berwarna kebiruan (mukokel). Benjolan ini akan pulih dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Jika benjolan sering kambuh dan mengganggu maka bisa dilakukan pembedahan gigi.

Pembengkakan pada kelenjar ludah juga utama juga bisa disebabkan infeksi bakteri, mumps atau gondongan. Selain itu, penyebab lain yang dapat memicu pembengkakan adalah tumor kelenjar ludah baik yang jinak maupun ganas. Pada kasus ini biasanya pembangkakan akan lebih padat ketimbang pembengkakan yang disebabkan oleh infeksi. Jika tumor bersifat ganas, kelenjar akan teraba keras seperti batu.

Pembengkakan kelenjar ludah bisa makin memburuk saat Anda mengonsumsi makanan asam. Biasanya ludah akan terangsang dengan rasa asam, namun tersumbatnya saluran ludah mengakibatkan saliva tidak dapat mengalir dan  pembengkakan menjadi bertambah buruk.

Untuk mengeluarkan batu yang menyumbat saluran ludah biasanya dokter akan menekan kedua saluran untuk mendorong batu keluar. Bila tidak berhasil, akan digunakan alat seperti kawat halus untuk menarik batu keluar. Jika belum membuahkan hasil maka akan dilakukan pembedahan untuk mengangkat batu.

Peradangan dan infeksi kelenjar ludah sering disebabkan oleh batu yang menyumbat saluran ludah dan lebih sering terjadi dibandingkan tumor. Setiap pembengkakan kelenjar ludah memerlukan perhatian medis. Untuk menentukan penyebabnya, bisa dilakukan biopsi terhadap jaringan kelenjar ludah.

pf button both Waspadai, Pembengkakan Kelenjar Ludah!


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Waspadai, Pembengkakan Kelenjar Ludah!”

  1. Tya says:

    Sore dokter
    Di bawah rahang saya ada benjolan. Yg sebelah kanan ukuranya kecil tp yg sebelah kiri agak gede dok.
    Kalau dpegang jalan tp gak sakit dok, kalau pilek aja kadang terasa sakit dan agak bengkak. Ini benjolan apa ya dok? Normal atau tidak?
    Terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0