Waspadai Minyak Ikan, Terutama Kaum Laki-laki

DokterSehat.Com – Manfaat utama minyak ikan bagi kesehatan terkait dengan kandungan tinggi asam lemak omega 3, yang rantai panjangnya Docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Khususnya bagi kaum lelaki, Anda boleh saja berhenti mengonsumsi minyak ikan. Ternyata, minyak ikan dapat meningkatkan risiko kanker prostat.



Banyak sumber yang memberikan informasi tentang khasiat yang diberikan oleh minyak ikan. Di dalamnya terkandung omega-3 yang dipercaya dapat mencegah berbagai penyakit, seperti arthritis, jantung, stroke, meningkatkan kekuatan otak, dan masih banyak lagi.

Namun, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (15/7/2013), sebuah teori menyatakan bahwa minyak ikan dapat meredam sistem kekebalan tubuh dan merusak DNA manusia. Selain itu, para ahli telah membuktikan bahwa asam lemak omega-3 dapat meningkatkan risiko bagi kaum pria untuk mengalami kanker prostat sebanyak 70 persen. Kanker prostat termasuk dalam penyakit yang mematikan.

Hasil penelitian ini sangat mengejutkan dan kami memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami apa yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, ujar Profesor Malcolm Mason dari Cancer Research, Inggris.

Namun, tak semua kandungan dalam minyak ikan berdampak buruk. Ada beberapa manfaat yang memang dapat kita rasakan bila kita mengkonsumsinya. Namun, di sisi lain, itu malah membahayakan diri Anda sendiri, khususnya bagi para pria.

BACA JUGA : Sakit Perut Gejala, Penyebab dan Solusinya