Waspadai Meningitis Neonatal Pada Bayi Baru Lahir

DokterSehat.Com – Meningitis merupakan peradangan yang terjadi di bagian membran meninges yang mengelilingi dan melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Pada bayi, terutama bayi yang baru lahir, kondisi meningitis akan menjadi kondisi yang serius dan dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani.



Untuk bayi dengan usia kurang dari 2 atau 3 bulan, penyakit ini disebut dengan meningitis neonatal. Untuk menambah wawasan anda para orang tua dan membuat anda menjadi lebih waspada, serta segera mengambil tindakan ketika gejala mulai nampak, berikut ulasan mengani meningtis neonatal pada bayi.

Meningitis neonatal adalah penyakit meningitis yang sering ditemukan pada bayi yang baru lahir, meningitis jenis ini disebabkan oleh salah satu virus atau infeksi akibat paparan bakteri. Virus yang menyebabkan timbulnya penyakit meningitis pada bayi disebut dengan coxsackie dan herpes simplex. Sementara untuk kelompok bakteri yang menjangkit bayi baru lahir adalah hasil dari kelompok B. streptococcus, bakteri E.coli, Haemophilus influenza atau Listeria atau juga dikenal dengan sebutan HiB. Bahayanya, bakteri meningitis neonatal ini dapat menular melalui plasenta ketika bayi masih berada dalam rahim atau selama proses persalinan.

gejala

Gejala penyakit meningitis neonatal memang tidak begitu jelas. Namun, apabila buah hati anda mengalami sering lesu atau kehilangan nafsu muntah, ruam, kesulitan bernapas, menggigil, demam tinggi, sakit kuning dan bahkan beberapa bayi yang menderita meningitis akan merasakan kejang-kejang, maka segera lakukan pemeriksaan kedokter dan melakukan pengujian laboratorium.

Cara menangani meningitis neonatal

Apabila diagnose dokter manyatakan buah hati anda positif meningitis neonatal, maka harus segera dilakukan penanganan intensif dengan rawat inap sebagai penanganan awal. Untuk pasien Meningitis Neonatal yang masih bayi, maka akan dilakukan pemberian antibiotik spektrum terlebih dulu.

Baca Juga:  Sawan Anak dan Pertolongan Pertama untuk Mengatasinya

Apabila telah diketahui bahwa Meningitis Neonatal disebabkan karena bakteri, maka dokter menangani dengan pemberian antibiotik khusus untuk bakteri penyebab meningitis namun apabila disebabkan karena virus atau virus herpes maka akan dilakukan pengobatan dengan menggunakan anti-virus obat asiklovir. Penanganan Meningitis Neonatal yang disebabkan karena virus memang cukup sulit, bahkan kebanyakan kasus dilakukan pemberian antivirus hanya untuk meringankan gejala dan menjaga bayi agar tetap hangat dan terhidrasi akibat virus meningitis.

Pencegahan

Untuk mencegah meningitis neonatal pada bayi, Ibu Hamil bisa melakukan perawatan postnatal dan prenatal dibarengi dengan menghindari makanan yang mungkin terkontaminasi bakteri Listeria atau E.coli. Untuk mengindarkan resiko bayi terjangkit virus atau bakteri yang menjadi penyebab meningitis neonatal,  biasanya dokter akan melakukan tes grup B strep ketika ibu hamil mendekati usia kelahiran. Dan apabila saat pengujian, diketahui bayi terinfeksi virus, maka ibu hamil diberikan obat-obatan anti-viral, atau lebih disarankan untuk melakukan persalinan Caesar untuk mencegah penularan infeksi virus kepada bayi.

Dengan mengetahui informasi Meningitis Neonatal pada Bayi, maka diharapkan anda tidak terlalu khawatir dan siap menangani penyakit menigitis neonatal dengan cara yang tepat.