Waspadai Kaki Dingin Bikin Pilek

DokterSehat.Com – Musim hujan datang dan itu berarti bahwa udara menjadi semakin dingin yang berarti pula bahwa Anda harus mewaspadai beberapa penyakit yang kemungkinan menjangkiti Anda. Karena udara berubah menjadi dingin, maka Anda pun harus menghangatkan tubuh Anda terutama bagian kaki. Sebab kaki adalah bagian tubuh yang rentan untuk terasa dingin.



Sebuah penelitian menemukan bahwa kaki yang dingin menjadi tempat favorit bagi kuman flu untuk menyerang tubuh Anda. Bahkan pilek bisa terjadi tanpa Anda terserang gejalanya terlebih dahulu.

Suhu kaki yang dingin membuat seluruh bagian tubuh Anda juga menjadi dingin. Pembuluh darah di hidung akan mengerut dan kulit Anda memutih. Hal ini terjadi karena suplai darah ke hidung akan berkurang, yang menjadi tindakan refleks untuk memperlambat hilangnya panas dari tubuh. Akibatnya sel-sel darah putih yang terkandung dalam darah juga berkurang. Dan tubuh Anda hanya memiliki sedikit kekuatan untuk melawan virus, terang Dr Ron Eccles, direktur dari Cardiff University’s Common Cold Centre.

Selain faktor tersebut, suhu tubuh yang dingin akan memperlambat pergerakan silia. Padahal rambut di hidung ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan kuman yang mampu berubah menjadi penyakit dalam tubuh, tambahnya.