Waspadai, Haid Lebih Dari Dua Kali dalam Sebulan!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Pernahkan Anda mengalami menstruasi lebih dari dua kali dalam sebulan? Bila ini terjadi, bisa jadi Anda terkena polimenorea. Polimenorea merupakan kelainan siklus menstruasi yang menyebabkan wanita berkali-kali mengalami menstruasi dalam sebulan.

Normalnya, siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari dengan waktu lama keluarnya darah selama 2-8 hari. Wanita yang mengalami polimenorea memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek dari 21 hari dengan pola yang teratur dan jumlah perdarahan yang relatif sama atau lebih banyak dari biasanya.

Polimenorea berbeda dengan metroragia. Metroragia merupakan suatu perdarahan iregular yang terjadi di antara dua waktu menstruasi. Pada metroragia menstruasi terjadi dalam waktu yang lebih singkat dengan darah yang dikeluarkan lebih sedikit.

Polimenorea bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Ketidakseimbangan hormon tersebut bisa menyebabkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal sehingga didapatkan menstruasi yang lebih sering. Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada beberapa kondisi berikut ini:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Adanya gangguan indung telur
  • Beberapa tahun menjelang menopause
  • Stres dan depresi
  • Obesitas
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Adanya gangguan makan seperti bulimia dan anorexia nervosa
  • Olahraga berlebihan seperti atlet
  • Obesitas
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin, antikoagulan, NSAID, dan sebagainya.

Polimenorea umunya bersifat sementara dan bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, bila gangguan ini terjadi terus menerus maka penderita harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Gangguan menstruasi ini jika dibiarkan terjadi terus maka bisa menyebabkan gangguan hemodinamik tubuh akibat keluarnya darah secara terus menerus. Selain itu, polimenorea juga bisa mengakibatkan gangguan kesuburan akibat terjadinya gangguan ovulasi yang bisa membuat wanita kesulitan mendapatkan keturunan.

Penderita polimenorea bisa melakukan terapi guna mencegah perdarahan berulang, mengontrol perdarahan, mencegah komplikasi, menjaga kesuburan, dan mengembalikan kekurangan zat besi dalam tubuh.

Untuk polimenorea yang berlangsung dalam jangka waktu lama, terapi yang diberikan tergantung dari status ovulasi pasien, usia, risiko kesehatan, dan pilihan kontrasepsi. Kontrasepsi oral kombinasi dapat digunakan untuk terapinya. Pasien yang menerima terapi hormonal sebaiknya dievaluasi 3 bulan setelah terapi diberikan, dan kemudian 6 bulan untuk reevaluasi efek yang terjadi.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. sofi

    sore dok
    saya sofi umur 17 thn single saya mau tanya, saya mempunyai masalah pada haid yaitu siklus haid yang pendek bulan kemarin tanggal 10-17 januari dan kembali haid tanggal 4 februari, saya juga terlalu banyak fikiran karna tuntutan tugas yang banyak setiap hari dan sering mengerjakan pekerjaan rumah yang lumayan membuat lelah. apakah itu berbahaya dok tolong solusinya

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      bagaimana siklus menstruasi sebelumnya? apakah sering mengalami siklus seperti ini atau bagaimana? bla selama ini siklus teratur dan sekarang mengalami pemendekan mungkin disebabkan karena anda sedang dalam keadaan stress berat. coba untuk memanagemant stress yang anda miliki
      terimakasih

  2. Chofif

    Selamat sore, dok, saya Chofif berusia 19 tahun. Sebelumnya saya memiliki siklus menstruasi lancar. Namun tiga bulan ini siklus menstruasi saya tidak lancar. Dalam satu bulan bisa sampai 2 kali, awalnya saya mengira itu hanya karena faktor stress. Namun, semakin kesini menstruasi saya semakin tidak lancar. Paling baru, tanggal 31 desember kemarin saya menstruasi sampai tanggal 3 januari, lalu tanggal 19 januari kemarin saya menstruasi dan baru berhenti tanggal 1 februari. Tapi, selang 1 hari, tanggal 3 februari saya sudah menstruasi lagi. Saya semakin takut karena dalam silsilah keluarga besar ada tante dan kakak sepupu yang terkena kista. Mohon jawabannya, dok.
    Terima kasih..

    1. dr. Eko B

      Selamat sore Chofif
      keluhan haid tidak teratur yang anda alami dapat disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal
      dapat terjadi pada usia anda
      Anda tidak perlu kuatir karena belum tentu berhubungan dengan kista
      haid yang terjadi pada 3 februari termasuk haid yang memanjang

      Bila keluhan anda tidak kunjung kembali normal, silakan konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kandungan (SpOG)
      Terima kasih

  3. ratna valencia

    Siang dok,,,, saya ratna usia saya 28 tahun,,, keluhan saya,,, dibulan ini saya datang bulan lebih dari 2 kali dalam waktu Yg pendek. Apa dikarenakan saya lemah apa saya terlalu capek… Tolong bantu dilukainya dok

  4. ratna valencia

    Siang dok,,,, saya ratna usia saya 28 tahun,,, keluhan saya,,, dibulan ini saya datang bulan lebih dari 2 kali dalam waktu Yg pendek. Apa dikarenakan saya lemah apa saya terlalu capek… Tolong bantu solusinya dok.

    1. dr. Eko B

      Selamat Pagi Ratna Valencia
      Haid diperngaruhi oleh siklus hormonal dan stresor fisik
      aktivitas fisik yang terlalu berat dan kondisi tubuh yang menurun dapat mempengaruhi siklus haid
      silakan anda beristirahat dengan cukup dan makan makanan bergizi
      Terima kasih

Leave a Comment