Waspadai, Haid Lebih dari Dua Kali dalam Sebulan!

haid-dua-kali-sebulan-doktersehat

DokterSehat.Com– Pernahkan Anda mengalami haid sebulan 2 kali? Bila ini terjadi, bisa jadi Anda terkena polimenorea. Polimenorea merupakan kelainan siklus menstruasi yang menyebabkan wanita berkali-kali mengalami menstruasi dalam sebulan.

Polimenorea Penyebab Menstruasi Sebulan Dua Kali

Normalnya, siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari dengan waktu lama keluarnya darah selama 2-8 hari. Wanita yang mengalami polimenorea memiliki siklus haid yang lebih pendek dari 21 hari dengan pola yang teratur dan jumlah perdarahan yang relatif sama atau lebih banyak dari biasanya.

Polimenorea berbeda dengan metroragia. Metroragia adalah suatu perdarahan iregular yang terjadi di antara dua waktu menstruasi. Pada metroragia menstruasi terjadi dalam waktu yang lebih singkat dengan darah yang dikeluarkan lebih sedikit.

Polimenorea bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan sistem hormonal pada aksis hipotalamus-hipofisis-ovarium. Ketidakseimbangan hormon tersebut menyebabkan gangguan pada proses ovulasi (pelepasan sel telur) atau memendeknya waktu yang dibutuhkan untuk berlangsungnya suatu siklus menstruasi normal, sehingga bisa terjadi haid 1 bulan 2 kali.

BACA JUGA: SEPERTI APA SIKLUS MENSTRUASI NORMAL PADA WANITA?

Kondisi Penyebab Haid Sebulan 2 Kali

Gangguan keseimbangan hormon dapat terjadi pada beberapa kondisi berikut ini:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Adanya gangguan indung telur
  • Beberapa tahun menjelang menopause
  • Stres dan depresi
  • Obesitas
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Adanya gangguan makan seperti bulimia dan anorexia nervosa
  • Olahraga berlebihan seperti atlet
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin, antikoagulan, NSAID, dan sebagainya.

Polimenorea umunya bersifat sementara dan bisa sembuh dengan sendirinya. Bila gangguan ini terjadi terus menerus maka penderita harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Gangguan menstruasi jika dibiarkan terjadi terus maka bisa menyebabkan gangguan hemodinamik tubuh akibat keluarnya darah secara terus menerus. Selain itu, polimenorea juga bisa mengakibatkan gangguan kesuburan akibat terjadinya gangguan ovulasi yang bisa membuat wanita kesulitan mendapatkan keturunan.

Baca Juga: Polimenorea, Gangguan Menstruasi yang Mengganggu Kesuburan

Penderita polimenorea bisa melakukan terapi guna mencegah perdarahan berulang, mengontrol perdarahan, mencegah komplikasi, menjaga kesuburan, dan mengembalikan kekurangan zat besi dalam tubuh.

Khusus polimenorea yang berlangsung dalam jangka waktu lama, terapi yang diberikan tergantung dari status ovulasi pasien, usia, risiko kesehatan, dan pilihan kontrasepsi. Kontrasepsi oral kombinasi dapat digunakan untuk terapinya.

Pasien yang menerima terapi hormonal sebaiknya dievaluasi 3 bulan setelah terapi diberikan, dan kemudian 6 bulan untuk reevaluasi efek yang terjadi.

Waktu yang Tepat untuk Periksa ke Dokter

Kalau Anda terus-menerus haid sebulan 2 kali dan siklus haid semakin tidak teratur, tentu harus memeriksakan diri ke dokter. Sejauh ini, kebanyakan keluhan masih tergolong ringan dan wajar.

Nah, jika haid 1 bulan 2 kali memang sering dan mengganggu, segera konsultasikan ke dokter, apalagi jika mengalami:

  • Tubuh terasa sangat sakit dan pegal selama haid
  • Setiap haid, selalu lebih dari 7 hari
  • Siklus menstruasi selalu kurang dari 21 hari atau bahkan lebih dari 35 hari
  • Darah mens yang keluar lebih banyak dari biasanya, bahkan sehari bisa ganti pembalut beberapa kali.

Kalau Anda menstruasi 2 kali sebulan dan mengalami hal-hal di atas, ada baiknya untuk melakukan pengobatan lanjutan. Umumnya, pengobatan menstruasi yang tidak teratur akan dilakukan selama tiga bulan berturut-turut.

Baca JUGA: PEMERIKSAAN APA SAJA YANG HARUS DILAKUKAN PENDERITA GANGGUAN MENSTRUASI?

Solusi Haid Tidak Teratur

Sebelum memeriksakan diri ke dokter, Anda juga bisa melakukan upaya sederhana untuk memperbaiki siklus menstruasi. Jika sering haid sebulan 2 kali, ada baiknya lakukan ini:

  • Minum yang cukup
  • Konsumsi buah dan sayur
  • Rutin berolahraga
  • Buat catatan menstruasi

Tergolong sederhana bukan?

Bisa dibilang memang siklus haid yang tidak lancar turut dipengaruhi juga oleh gaya hidup yang tidak sehat. Jadi, coba perbaiki juga gaya hidup harian Anda jika memang dirasa tidak sehat.

Cara-cara tersebut tentunya akan efektif untuk memperbaiki hormon yang ada di dalam tubuh, termasuk hormon yang berkaitan dengan menstruasi. Jadi, coba dulu hal-hal di atas, ya!