Waspadai Gigi Mudah Ompong, Tanda Serangan Jantung

DokterSehat.Com – Gigi bisa disebut sebagai mahkota senyum kita. Oleh karena itu pertahankan selama mungkin agar tetap sehat dan terawat. Waspadai jika gigi ompong karena bisa sebabkan meningkatnya resiko serangan jantung.



Profesor Robin Seymour dari Simplyhealth Advisory Research Panel (ShARP) Inggris menjelaskan, meski sejumlah penelitian telah menunjukkan adanya hubungan penyakit gigi dengan jantung koroner, pengetahuan tentang penyakit periodontal pada pasien yang memiliki penyakit jantung masih kurang.

Para peneliti dalam studi ini meneliti prevalensi yang melaporkan dirinya kehilangan gigi dan gusi berdarah dengan penyakit periodontal dan hubungannya dengan faktor risiko kardiovaskular, kata Profesor Seymor seperti dikutip FemaleFirst, Senin (1/4/2013).

Penelitian itu melibatkan 15.828 orang dari 39 negara dengan melaporkan jumlah gigi yang tersisa. Para peserta itu dibagi dalam beberapa kelompok yakni 1-14, 15-19, 20-25 atau 26-32, dan tak masuk dalam kategori. Selain itu, peserta juga dibagi dalam frekuensi pendarahan gusi: tidak pernah atau jarang, kadang-kadang, sering atau selalu.

Hasilnya, sekitar 40 persen peserta yang memiliki gigi kurang dari 15 gigi dan 16 persen tak memiliki gigi, 25 persen subyek mengami mengalami pendarahan di gusi.

Setiap penurunan dalam jumlah kategori gigi, penelitian menemukan peningkatan enzim bisa meningkatkan peradangan dan memicu pengerasan pembuluh darah, serta meningkatkan risiko jantung lainnya, termasuk kolesterol jahat, gula darah, tekanan darah, dan lingkar pinggang, jelasnya.

Peserta dengan gigi sedikit juga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menderita diabetes, dengan kemungkinan meningkat sebesar 11 persen untuk setiap penurunan jumlah kategori gigi.
Selain itu, pendarahan di gusi dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi dari kolesterol jahat dan tekanan darah.

Dari penelitian tersebut, hubungan antara penyakit periodontal belum jelas. Apakah faktor risiko seperti peradangan sistemik menyebabkan kedua kondisi itu atau penyakit periodontal menyebabkan penyakit jantung masih belum pasti.

Baca Juga:  Jenis Macam Penyakit Jantung

Yang jelas orang bisa mengurangi risiko penyakit periodontal dengan mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Ia menjelaskan, check-up dan pengobatan untuk penyakit periodontal juga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Akibatnya, sangat penting bagi orang-orang untuk pergi melalui pemeriksaan periodontal dasar (BPE) setidaknya setahun sekali sehingga pemeriksaan menyeluruh dari jaringan periodontal dapat dicapai ujar Seymor.

Well guys selalu jaga kebersihatan gigi kita ya, agar beebas dari penyakit jantung! Tinggalkan pendapat Anda dibawah ini !

BACA JUGA : Hati-hati Mencabut Bulu Hidung Ini Bahayanya