Waspadai Gejala Penyakit Lemah Jantung

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan organ jantung, maka kita akan segera terpikir akan beberapa penyakit berbahaya yang bisa saja menyerang jantung kita setiap saat. Penyakit mematikan layaknya stroke bahkan bisa menyerang jantung siapa saja yang tidak dirawat kesehatannya. Selain penyakit stroke, jantung juga bisa mengalami masalah berbahaya yang disebut dengan lemah jantung. Kondisi lemah jantung sendiri bisa dianggap sebagai jantung yang mengalami penurunan fungsi sehingga jantung pun bekerja dengan tidak normal. Biasanya, lemah jantung ditandai dengan kemampuan pemompaan jantung yang semakin melemah atau detak yang semakin menurun atau meningkat dengan tidak teratur. Berikut adalah beberapa gejala dari penyakit lemah jantung.

doktersehat-sesak-nafas-jantung

Lemah jantung tidak selalu berarti detak jantung menjadi sangat lemas dan menurun frekuensinya. Banyak kasus kondisi lemah jantung yang justru ditandai dengan detak jantung yang sangat cepat namun tidak teratur. Jantung yang tidak lagi mampu memompa darah ke seluruh tubuh, khususnya di area yang jauh layaknya ujung kaki bisa membuat denyut nadi bekerja dengan lebih keras agar mampu mengimbangi lemahnya fungsi jantung. Denyut yang semakin cepat ini biasanya juga semakin tidak teratur sehingga dada pun akan semakin berdebar-debar.

Kondisi lemah jantung ternyata juga bisa memicu masalah pada paru-paru dimana paru-paru akan memiliki banyak cairan yang bisa memicu masalah batuk kronis. Dalam beberapa kasus, batuk bahkan bisa berupa batuk berdahak yang bercampur dengan darah. Selain itu, penderita lemah jantung juga cenderung akan mengalami sesak nafas karena jantung. Terganggunya proses distribusi oksigen karena melemahnya sistem jantung ternyata bisa memicu masalah pernafasan yang membuat penderita lemah jantung mengalami sesak nafas. Selain sesak nafas, penderita lemah jantung juga cenderung mudah kelelahan. Darah tidak akan bisa dipompa secara maksimal ke organ penting layaknya otak sehingga tubuh pun akan cenderung mudah lemas. Gejala lemah jantung berikutnya adalah adanya masalah pada organ ginjal. Ginjal yang mengalami masalah pasokan darah akan memproduksi hormon yang berlebihan sehingga tubuh pun akan memiliki kandungan air dan garam berlebihan sehingga memicu pembengkakan pada area kaki.

Baca Juga:  Yoga dan Meditasi Ternyata Bisa Membantu Mengatasi Penyakit Bronkitis