Waspadai Gejala Dari Kanker Ginjal Ini

DokterSehat.Com – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran yang luar biasa bagi kesehatan. Bagaimana tidak, organ tubuh ini berfungsi sebagai penyaring racun, penjaga kesehatan darah, berperan besar dalam memproduksi urine, memproduksi beberapa jenis hormon yang membantu proses pencernaan makanan, hingga mendukung sumsum tulang belakang agar bisa memproduksi sel darah merah. Sayangnya, gaya hidup yang buruk bisa membuat ginjal bekerja terlalu keras sehingga beresiko tinggi terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker ginjal. Sebenarnya, apa sajakah gejala dari kanker yang termasuk dalam 10 jenis kanker yang cukup umum terjadi pada orang dewasa ini?

doktersehat-encok-sakit-punggung-hernia

Kencing berdarah
Gejala paling sering terjadi dari kanker ginjal adalah air kencing yang disertai dengan darah. Biasanya warna darah ini terlihat segar dan cerah meskipun dalam beberapa kasus darah juga bisa terllihat cukup banyak.

Nyeri punggung
Jika punggung terasa sakit dengan sensasi layaknya adanya tekanan berlebihan, maka ada baiknya kita mewaspadai adanya kanker ginjal. Hanya saja, menurut dr Jihad Kaouk dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat, dalam stadium awal, kanker ini biasanya tidak menunjukkan gejala apapun sehingga andai nyeri punggung ini muncul, bisa jadi massa dari tumor sudah cukup besar sehingga menekan bagian di sekitar ginjal yang memicu rasa nyeri tersebut.

Badan terasa lesu
Jika tubuh terus terasa lesu tanpa diketahui penyebabnya dan disertai dengan kedua gejala yang telah disebutkan sebelumnya, maka bisa jadi kita terkena kanker ginjal dan harus segera diperiksakan ke dokter.

Mengalami penurunan berat badan yang drastis
Jika ginjal mengalami masalah kesehatan, maka penyerapan nutrisi dari makanan dan juga sistem metabolise tubuh akan mengalami gangguan. Tak hanya membuat berat badan menurun drastis, hal ini juga bisa menyebabkan nafsu makan kita menghilang.

Baca Juga:  Kanker Ginjal - Pengobatan

Mengalami gangguan darah
Anemia, tidak seimbangnya kadar kalsium, dan berbagai masalah pada darah lainnya adalah gejala umum dari kanker ginjal yang harus segera diperiksakan ke dokter.