Waspadai Gejala Awal Dari Kanker Usus Besar

DokterSehat.Com – Sebuah hasil penelitian terbaru yang dibuat oleh University of Texas menunjukkan hasil yang mengkhawatirkan bagi banyak pakar kesehatan mengingat adanya fakta bahwa kini semakin banyak anak muda yang beresiko tinggi terkena masalah kanker usus besar atau kanker kolorektal. Gaya hidup modern yang tidak sehat ditengarai menjadi pemicu utama mengapa semakin banyak generasi muda yang terkena penyakit ini. Sebenarnya, seperti apakah kanker usus besar dan bagaimana kita bisa mewaspadai gejala-gejalanya?

doktersehat-kanker-usus-besar-stroke-Kolitis-Iskemik-nyeri-dada-Inkontinensia-Usus

Pakar kesehatan menyebutkan jika kanker usus besar terjadi karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal pada usus besar. Selain itu, kanker ini juga terjadi karena adanya pertumbuhan polip pada lapisan usus besar yang andai tidak segera dihilangkan, akan berkembang menjadi kanker. Yang sangat disayangkan adalah, banyak penderita kanker usus besar yang tidak menyadari adanya gejala-gejala awal dari penyakit ini dan baru memeriksakan diri saat kondisinya sudah cukup parah. Saat tumor sudah memiliki ukuran yang cukup besar, tentu penanganan penyakit ini akan sulit untuk dilakukan.

Lantas, seperti apakah sebenarnya gejala-gejala awal dari kanker usus besar yang harus diwaspadai? Pakar kesehatan menyebutkan jika selain kerap menimbulkan rasa nyeri pada perut, kanker usus besar juga bisa menyebabkan masalah sembelit, diare, buang air besar yang disertai dengan darah, hingga penurunan berat badan yang sangat cepat dan juga kelelahan.

Penyakit ini kerap kali terjadi karena gaya hidup sehat layaknya pola makan yang tidak seimbang dengan kerap mengkonsumsi daging merah atau makanan berlemak, terkena obesitas, jarang berolahraga, suka merokok, dan hobi mengkonsumsi minuman beralkohol. Untuk menghindari penyakit ini, ada baiknya kita mulai mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang dan mulai memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan. American Cancer Society sendiri menyebutkan jika andai kita menerapkan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, maka resiko terkena kanker usus besar bisa ditekan hingga 45 persen lebih rendah.