Waspadai Gejala Asam Lambung Ini

DokterSehat.Com – Penyakit asam lambung terjadi ketika kondisi lambung mengalami gangguan sehingga kadar asam tidak seimbang. Gejala asam lambung sering dianggap sebagai gejala maag. Keduanya memang memiliki gejala yang hampir sama namun sebenarnya berbeda. Maag dan asam lambung naik ditandai dengan rasa mual diperut. Rasa mual ini lebih kearah begah sehingga perut seperti ingin mengeluarkan gas melalui kerongkongan. Perbedaan yang paling mendasar antara maag dengan asam lambung naik atau reflux adalah rasa mual pada maag hanya terjadi dilambung saja dan tidak melibatkan tenggorokan bahkan mulut, sedangkan pada reflux asam lambung tersebut naik hingga tenggorokan bahkan sampai ke mulut.

2363801183_59ea2c9f23_b

Asam lambung sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pencernaan, namun kadangkala seseorang mempunyai kadar asam lambung yang tidak seimbang sehingga malah menimbulkan penyakit baru. Secara umum asam lambung naik atau reflux biasa terjadi pada usia 35 – 40 tahun, namun tidak menutup kemungkinan anak muda atau anak kecil juga mengalami hal tersebut. Kejadian pada anak muda dan anak kecil tersebut biasanya berkaitan dengan kesehatan lambung atau gaya hidup yang tidak sehat.

Gejala asam lambung

Seperti kebanyakan penyakit atau gangguan kesehatan lain, asam lambung naik atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai dan dikenali agar penyakit tersebut tidak semakin parah. Berikut ini gejala asam lambung yang sering terjadi :

• Perut mual
Perut mual merupakan gejala yang paling umum. Rasa mual ini diakibatkan kondisi kadar asam dalam lambung yang lebih banyak dari yang seharusnya. Perut mual juga merupakan tanda sakit maag sehingga anda perlu mengetahui cara membedakannya. Ingat bahwa gejala maag tidak menimbulkan asam lambung naik ke tenggorokan. Perut mual ini juga membuat begah sehingga seakan-akan ingin mengeluarkan gas melalui mulut.

• Sakit tenggorokan
Sakit tenggorokan biasanya terjadi karena peradangan. Peradangan ini biasanya terjadi ketika seseorang mau terserang batuk dan pilek. Sakit tenggorokan juga bisa terjadi ketika asam lambun anda naik hingga tenggorokan. Anda akan merasakan sesuatu yang aneh terjadi pada tenggorokan.

Baca Juga:  Waspada Penyakit Malaria!

• Batuk
Saya pernah membahas mekanisme batuk pada halaman sebelumnya. Batuk merupakan mekanisme yang dilakukan ketika ada sesuatu yang menggangu khususnya di saluran pernapasan. Ketika asam lambung anda naik otomatis menggangu tenggorokan dan batuk berusaha untuk menghilangkan hal tersebut dengan batuk.

• Mulut terasa pahit
Kadar asam yang naik hingga tenggorokan bahkan sampai ke mulut membuat mulut anda terasa pahit. Asam tersebut membuat selera makan seseorang menjadi berkurang, olah karena itu orang yang mengalami GRED sering kehilangan berat badan yang cukup signifikan.

• Air liur melimpah
Sadar atau tidak, air liur merupakan gejala asam lambung yang paling umum. Air liur ini merupakan reaksi tubuh untuk mengatasi iritasi yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Air liur yang melimpah ini kadang juga cukup menggangu anda. Anda akan sering meludah karena air liur ini akan terasa asam ketika sudah terkontaminasi dengan cairan asam lambung.

• Tenggorokan membengkak
Iritasi pada tenggorokan bisa mengakibatkan pembengkakan. Pembengkakan pada tenggorokan ini membuat anda merasa sakit ketika menelan makanan. Usahakan makan makanan yang mudah dicerna ketika mengalami GRED. Hindari terlebih dahulu makanan padat yang keras agar tidak menambah sakit pada tenggorokan.

• Nyeri dada
Gejala asam lambung yang lain adalah nyeri pada dada. Dada anda terasa seperti terbakar dan rasanya tidak enak sekali. Nyeri di dada ini disebabkan asam lambung yang naik ke kerongkongan. Gejala ini sering dikira gejala penyakit jantung.

Memahami gejala-gejala tersebut penting dilakukan untuk melakukan pencegahan penyakit yang lebih berbahaya.