Waspadai Dan Kenali Gejala Polidipsi

DokterSehat.Com – Di dalam kehidupan, kita sebagai insan manusia tidak terlepas dari yang namanya air. Bukan hanya kita, makhluk lain seperti halnya binatang dan tumbuh-tumbuhan juga sangat bergantung pada air. Itulah sebabnya muncul istilah; air merupakan sumber dari kehidupan itu sendiri. Tanpa air, makhluk apapun dimuka bumi ini tidak akan mampu bertahan hidup dalam waktu yang panjang. Air, selain diminum, juga seringkali kita gunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti untuk mandi, mencuci pakaian, dan sebagainya. Maka dari itulah, menjaga kebersihan dan kualitas air sangat diperlukan demi memenuhi kebutuhan hidup dan kesehatan kita sehari-hari.



Sejak ribuan tahun yang lalu, dunia medis telah mengetahui fungsi dan manfaat dari air putih bagi kesehatan tubuh. Minum air putih delapan gelas sehari merupakan cara tepat untuk selalu menjaga kebugaran serta memberi perlindungan efektif bagi kinerja organ-organ tubuh. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi air putih, seperti memperlancar sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah timbulnya berbagai macam penyakit, hingga berguna bagi kesehatan jantung. Namun ketika seseorang selalu merasakan haus dibandingkan orang yang normal pada umumnya, dan mengkonsumsi air putih dengan kadar yang di atas normal, maka hal ini patut diwaspadai. Kemungkinan besar orang tersebut tengah mengidap gejala polidipsi.

Gejala

Secara umum, polidipsi merupakan salah satu dari tiga gejala awal penyakit diabetes mellitus. Bagi mereka yang mengidap polidipsi biasanya akan merasakan haus yang tak tertahankan, dan cenderung memiliki hasrat yang tidak terkontrol untuk minum sebanyak-banyaknya.

Gejala polidipsi muncul setelah diawali dengan gejala poliurie (banyak buar air kecil). Akibatnya tubuh akan terus mengalami dehidrasi sehingga menuntut seseorang untuk terus-menerus minum air di luar batas normal. Pada dasarnya, ukuran rata-rata manusia dalam mengkonsumsi air putih adalah sebanyak 2 liter perhari atau setara delapan gelas ukuran medium. Sedangkan bagi mereka yang mengalami gejala polidipsi, biasanya mampu menghabiskan jatah air lebih dari 2 liter setiap harinya.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Bila sudah begitu, orang tersebut akan mengatasi rasa hausnya dengan minum air yang dingin, manis, dan dalam jumlah yang banyak. Segera lakukan pemeriksaan pada tekanan gula darah Anda untuk mengantisipasi adanya gejala diabetes sebelum terlambat. Perhatikan bahwa apabila kadar gula dalam darah berada pada kisaran di atas angka 160 ml/dl, maka bisa dipastikan dokter akan mengindikasikan bahwa Anda mengalami diabetes atau kencing manis.