Waspadai Dampak Malas-Malasan Saja di Akhir Pekan

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang sengaja untuk bermalas-malasan di akhir pekan karena menganggap saat inilah waktu yang paling tepat untuk melakukannya setelah sebelumnya selalu disibukkan dengan aktifitas harian yang melelahkan. Meskipun terlihat menyenangkan dan bisa membuat tubuh banyak beristirahat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bermalas-malasan di akhir pekan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti sebagai berikut.



Menyebabkan sembelit
Banyak orang yang memilih untuk malas-malasan di akhir pekan dengan cara tiduran saja di sofa atau kasur sambil menonton televisi atau bermain gadget. Tubuh yang tidak bergerak ini ternyata bisa mempengaruhi pergerakan usus yang akhirnya memicu sembelit.

Menyebabkan migrain
Karena malas-malasan saja, kita pun akan lebih mudah untuk tertidur. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidur dengan waktu yang terlalu lama akan mempengaruhi ritme tubuh dan akhirnya memicu sakit kepala.

Asam lambung naik
Pakar kesehatan Steve Mann yang berasal dari Royal Free London Trust menyebutkan bahwa tiduran di sofa atau kasur seharian saat akhir pekan akan membuat asam lambung lebih mudah naik ke tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan ngemil yang tidak sehat dan jadwal makan yang cenderung lebih kacau.

Lebih mudah jatuh sakit
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda, disebutkan bahwa 1 dari 30 orang cenderung rentan untuk jatuh sakit saat sedang menikmati akhir pekan atau liburan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini kemungkinan besar terjadi karena saat di hari kerja, tubuh banyak memproduksi adrenalin yang bisa melawan infeksi. Hanya saja, saat berlibur tubuh akan mengalami penurunan produksi adrenalin yang akhirnya membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan kita pun akhirnya menjadi lebih mudah jatuh sakit.