Waspadai Dampak Buruk Film 3D!

Doktersehat.com – Nonton film 3D memang lebih mengesankan ketimbang film biasa. Tapi, menurut sebuah survei diketahui bahwa menonton film 3D bisa membahayakan penontonnya. Mengapa demikian?



Film berteknologi 3D dan frame film yang lebih baik ternyata malah dapat mengakibatkan penontonnya pusing, mual, dan pandangan kabur.

Menurut hasil sebuah penelitian di California State University diketahui bahwa film 3D tidak dapat membuat penonton mengalami reaksi emosional yang lebih mendalam dan intens. Penonton bahkan tidak mampu mengingat cerita dalam film dengan detail.

Salah satu peneliti, Carrier Mark L mengungkapkan bahwa menonton film 3D dapat menyebabkan sakit kepala, meningkatkan risiko mata lelah, dan masalah penglihatan lain mencapai tiga kali lipat.

Walaupun banyak orang yang beranggapan film 3D mengesankan namun tampaknya mereka tidak begitu mengingat dengan baik alur ceritanya.

Hal ini disebabkan cara gambar 3D yang menipu sistem penglihatan kita. Normalnya, mata manusia akan fokus dan mengikuti objek saat posisinya mendekati mata.

Namun, pada saat menyaksikan film 3D mata manusia dipaksa untuk terus-menerus bekerja karena tampilan gambar 3D dibuat seolah-olah ada.

Sumber: ghiboo.com