Waspadai Bintik Putih Pada Kuku!

Doktersehat.com – Banyak mitos seputar bintik putih yang terdapat pada kuku, seperti anggapan bahwa bintik putih pada kuku tangan sebelah kiri menandakan jumlah orang yang benci dengan Anda. Sementara pada kuku tangan kanan menunjukkan jumlah orang yang menyukai Anda.



Anda pasti sudah tahu bahwa semua  itu hanyalah mitos belaka. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya bintik putih pada kuku itu?

Bintik putih pada kuku disebut dengan leukonikia yang biasanya muncul akibat adanya trauma yang tidak berbahaya pada matriks, yakni kumpulan sel di bawah lapisan kutikula yang berfungsi membentuk lapisan kuku.

Leukonikia bisa disebabkan akibat benturan dengan benda keras tanpa disengaja. Menurut pakar dermatologi di Mayo Clinic, Rochelle Torgerson, M.D., Ph.D., bintik putih pada kuku tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini wajar dialami orang-orang yang aktif.

Namun, bintik putih yang disertai rambut kering dan rapuh juga bisa diakibatkan kekurangan kalsium dan zinc.

Selain itu, bintik ini bisa muncul akibat reaksi alergi terhadap produk yang dipakai pada kuku, misalnya pengeras kuku dan cat kuku.

Pada kasus yang parah, bintik putih pada kuku menandakan adanya penyakit serius. Penyakit menular seperti herpes dan malaria juga dapat memicu timbulnya bintik putih ini.

Sumber: ghiboo.com