Waspadai Beberapa Penyakit Yang Disebabkan Oleh Banjir

DokterSehat.Com – Belakangan ini kita mendengar banyak sekali berita mengenai banjir yang melanda berbagai daerah di tanah air. Disamping karena curah hujan yang sedang sangat tinggi, masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga alam dan membersihkan lingkungan menjadi penyebab utama dari bencana banjir yang hampir selalu saja datang setiap tahunnya. Banjir juga memberikan masalah lain berupa banyaknya wabah penyakit yang dibawa. Berikut adalah beberapa penyakit yang banyak sekali muncul kala bencana banjir datang.

doktersehat-hujan-skait

Penyakit pertama yang paling umum datang bersama dengan banjir adalah penyakit diare. Banjir akan menyebabkan sumber air minum atau air bersih layaknya sumur-sumur ikut tercemar dengan berbagai sampah yang biasanya ikut terbawa bersama banjir. Andaipun warga sudah banyak mengungsi ke tempat lain yang tidak dilanda banjir, hampir semua tempat pengungsian tidak higienis. Selain persediaan air bersih yang sangat terbatas, tempat MCK yang seadanya juga membuat resiko terkena penyakit diare pun cukup tinggi.

Penyakit berikutnya yang kerap muncul bersama dengan banjir adalah penyakit leptospirosis. Penyakit ini biasanya menular melalui media binatang, khususnya tikus. Dengan adanya bencana banjir, bakteri leptospira yang biasanya berada pada kotoran atau air kencing hewan akan ikut terbawa banjir. Selain itu, tempat pengungsian banjir juga kerap kali kurang benar-benar terjaga kebersihannya sehingga kotoran atau air kencing tikus bisa dengan mudah ditemui. Penyakit leptospirosis biasanya akan mudah dikenali dengan gejala panas tubuh yang meningkat tiba-tiba yang disertai dengan tubuh menggigil dan sakit kepala.

Penyakit kulit menjadi yang paling umum ditemui dari bencana banjir. Kulit akan mudah mendapatkan infeksi, alergi, atau bahkan gatal-gatal, khususnya pada kulit kaki yang sering terendam air banjir yang sudah kotor dan penuh dengan wabah penyakit. Tempat pengungsian yang diisi oleh orang yang banyak juga akan mempercepat penularan penyakit kulit ini. Selain penyakit kulit. Beberapa penyakit layaknya pilek, batuk, demam, atau bahkah radang tenggorokan juga akan mudah ditemui di kala banjir melanda sehingga kita pun harus pandai-pandai menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit-penyakit tersebut.