Waspadai Bakteri Pada Pisau

DokterSehat.Com – Memotong timun, tomat, wortel, atau kubis untuk membuat salad dengan pisau lumrah dilakukan. Tapi tahukah Anda bahwa ketika memotong-motong bahan makanan tersebut tanpa disertai jeda mencuci pisau ada berbagai macam bakteri yang berpindah-pindah.



Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Georgia, bakteri penyebab penyakit dapat menyebar hanya dari peralatan dapur yang tidak dicuci.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa bakteri yang menempel dari satu peralatan dapur dapat berpindah ke peralatan lain yang saling berdekatan.

Kurangnya higienitas di rumah dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Umumnya bakteri dibawa oleh kontaminasi antara peralatan dapur ke sumber makanan.

Marilyn Erickson dari Universitas Georgia menyebut, bakteri-bakteri yang sering terlihat pada sumber makanan antara lain salmonella dan E. coli yang terkontaminasi dari peralatan dapur seperti pisau.

Beberapa item seperti tomat pada umumnya cepat menyebarkan bakteri daripada stroberi, kata Erickson dikutip dari Times of India, Minggu (15/11).

Erickson juga menemukan fakta bahwa mengupas kulit dan memotong makanan seperti melon, wortel dan seledri dapat menyebabkan pisau terkontaminasi bakteri yang awalnya hinggap pada sumber makanan tersebut.

BACA JUGA : SADARI – pemeriksaan payudara sendiri