Waspadai Asupan Gula Berlebih Pada Anak-anak

DokterSehat.Com – Makanan serta minuman manis memanglah telah lama sekali sama benar dengan anak kecil. Sirup buah, permen, cokelat serta hal yang lain yang memiliki rasa yang manis memanglah sering jadi makanan serta minuman kegemaran anak kecil.

13

Namun suatu riset di Inggris sudah mendapatkan bahwasanya juice kemasan untuk anak nyatanya dapat membahayakan kesehatan. Hal itu lantaran tingginya kandungan gula dalam juice kemasan itu ditenggarai dapat menyebabkan resiko diabetes awal dan obesitas.

Sebuah penelitian yang dilakukan Public Health tersebut mengungkapkan bahwa anak-anak di Inggris ternyata rata-rata mengalami kelebihan asupan gula sepertiga dari yang seharusnya dia terima dalam porsi yang wajar. Hal tersebut ditenggarai karena anak-anak terlalu banyak meminum minuman manis yang berupa sirup dan jus buah kemasan.

Dilansir dari laman Daily Mail. Dr Alison Tedstone, yang merupakan Kepala Gizi di Public Health mengatakan bahwa, minuman terbaik untuk anak sekolah seharusnya adalah air putih dan susu rendah lemak saja. Sedangkan jus buah segar juga menjadi pilihan yang baik karena memang termasuk dari lima porsi buah dan sayur setiap hari. Dr Alison Tedstone, juga menjelaskan jus buah segar juga sebaiknya dikonsumsi anak tanpa gula tambahan.

Tedstone menambahkan bahwa jika memang susah untuk dicegah, maka sebaiknya anak minum jus buah kemasan ini hanya satu kali per hari saja karena tingginya gula yang juga akan merusak gigi dan mengganggu pertumbuhannya. Atau lebih baik lagi anda mengganti jus kemasan dengan jus buah segar buatan sendiri yang diberikan tanpa gula tambahan atau pemanis buatan.

Tedstone juga memperingatkan bahwa selain minuman jus kemasan, ternyata minuman bersoda berkadar gula dan kalori tinggi juga bukan pilihan yang baik untuk anak-anak, maka dari itu konsumsi minuman bersoda ini harus benar-benar dibatasi atau kalau bisa di hilangkan untuk mengurangi resiko terjadi beberapa masalah kesehatan akibat dari konsumsi gula berlebih.

Baca Juga:  Jangan Makan Nasi dan Mi Bersamaan

Seperti dilansir dalam laman Mirror, selain larangan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengadung gula berlebih, peneliti juga sangat menyarankan supaya tubuh tidak menerima lebih dari 11 persen asupan gula dari setiap menu makanan yang anak-anak terima. Tapi menurut survei Diet dan Nutrisi Nasional untuk 2008-2012 ternyata menunjukkan bahwa terdapat penambahan gula rata-rata hingga sebanyak 14,7 persen dari asupan menu makanan anak-anak yang masih berusia di bawah 10 tahun.

Penelitian yang dilakukan Tedstone juga menemukan anak laki-laki berusia di bawah 10 tahun, ternyata tiap harinya mengasup 32 persen gula melalui minuman, dan termasuk jus buah yang menyumbang sebanyak 15 persen asupan gula. Sementara itu, untuk anak perempuan di bawah 10 tahun, ternyata menerima asupan gula mancapai angka 28 persen gula yang masuk lewat minuman, dan termasuk 12 persen di antaranya berasal dari jus buah kemasan.