Waspadai Ancaman Flu Singapura atau Infeksi Mulut Kaki Tangan

DokterSehat.Com – Flu Singapura sebenarnya adalah penyakit yang didunia kedokteran dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan dan Mulut ( KTM ).  Sebenarnya istilah Flu Singapura adalah kurang tepat karena dalam literatur dan dalam istyilah dunia kedokteran tidak dikenal istilah demikian.



Mengapa disebut flu singapura sampai sekarang juga belum diketahui asal usulnya. Mungkin saja karena pertengahan September tahun 2000 lalu, penyakit tangan, kaki dan mulut pernah merebak di Singapura. Pemerintah Singapura bahkan sampai menganjurkan agar seluruh restoran siap saji, kolam renang, dan tempat bermain anak-anak ditutup sementara setelah tiga anak diberitakan meninggal karena diduga terkena penyakit tersebut. Sebanyak 440 taman kanak-kanak (TK) dan 557 pusat perawatan anak diliburkan.

Infeksi Kaki, Tangan dan Mulut ( KTM ) adalah penyakit virus akut yang muncul sebagai erupsi vesikular di mulut. Infeksi ini juga dapat melibatkan tangan, kaki, pantat, dan  atau alat kelamin. Coxsackievirus Tipe 16 (CV A16) adalah virus penyebab yang terlibat dalam sebagian besar kasus infeksi KTM, tetapi penyakit ini juga terkait dengan coxsackievirus A5, A7, A9 A10, B2, dan strain B5. Enterovirus 71 (EV-71) juga menyebabkan wabah HFMD dengan keterlibatan neurologis terkait di wilayah Pasifik barat.
Coxsackievirus adalah subkelompok dari enterovirus dan merupakan anggota dari keluarga Picornaviridae. Keluarga ini terdiri dari kecil, tidak memiliki amplop, beruntai tunggal virus RNA.

Infeksi KTM adalah penyakit berjangkit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae (bahasa Spanyol Pico:kecil), Genus Enterovirus (non Polio). Dalam dunia kedokteran, Di dalam Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Penyebab KTM yang paling sering pada pasien rawat jalan adalah Coxsackie A16, sedangkan yang sering memerlukan perawatan karena keadaannya lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71. Berbagai enterovirus dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Penyakit KTM sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. KTM adalah penyakit umum yang menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 tahun (kadang sampai 10 tahun). Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus. Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Tidak ada vaktor tapi ada pembawa seperti lalat dan kecoa. Penyakit KTM ini mempunyai imunitas spesifik, namun anak dapat terkena KTM lagi oleh virus strain enterovirus lainnya.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Bicycle Seat Neuropathy

Wabah KTM cenderung terjadi setiap 3 tahun di Amerika Serikat. Kejadian HFMD di seluruh dunia dilaporkan.  Pola musiman terjadi di daerah beriklim sedang, dengan kejadian puncak pada akhir musim panas dan awal musim gugur.  Infeksi KTM lebih berat pada bayi dan anak dibandingkan orang dewasa, tetapi umumnya, penyakit ini memiliki manifestasi ringan.

Tidak ada predileksi ras untuk penyakit infeksi ini. Rasio penderita laki-laki dan perempuan adalah 1:1. Sebagian besar kasus tangan-kaki-dan-mulut penyakit mempengaruhi anak-anak muda dari 10 tahun, meskipun kasus pada orang dewasa dilaporkan.

Apa cirri-ciri  atau gejala Flu Singapura ?

Flu singapura menular melalui kontak langsung cairan hidung dan tenggorok, saliva dan tinja pasien. Masa penularan terbesar adalah pada minggu pertama sakit. Gejala flu singapura mula-mula demam tidak tinggi selama 2 – 3 hari, diikuti leher sakit (pharingitis), tidak ada nafsu makan, pilek, ruam dibagian mulut tangan dan kaki. Timbul vesikel yang kemudian pecah. Ada 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Jenis virus tertentu gejalanya bisa lebih parah seperti demam tinggi lebih dari 38 C dalam 2 hari maka perlu segera mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit.

Obat Flu Singapura

Tidak ada terapi yang spesifik untuk pasien yang terinfeksi enterovirus, pengobatan serangan virus yang paling penting adalah dengan meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh penderita. Begitu juga dengan pengobatan flu singapura yang disebabkan oleh serangan virus ini, konsumsi makanan yang cukup protein dan kalori untuk membantu proses penyembuhan penyakit. Pastikan minum  cairan dan istirahat yang cukup. Untuk mengobati serangan virus flu singapura konsumsi susu Powermix 3×1 sdm/hari, susu Powermix Sun Hope terbuat dari susu kolostrum sapi yang mengandung zat imun Imunoglobulin G (Ig-G) 600 mg. Konsumsi pula Spirulina Plus 3×1 kaplet/hari. Kombinasi zat gizi yang lengkap dari superfood Spirulina Plus dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh untuk mempercepat proses penyembuhan flu singapura.

Tips Perawatan Penderita HFMD

  1. Segera ke dokter untuk memastikan apakah anak atau penderita benar terkena HFMD.
  1. Isolasikan penderita untuk mencegah penularan.
  1. Jaga kebersihan.
  1. Pastikan anak mendapat istirahat yang cukup.
  1. Berikan asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
  1. Berikan nutrisi yang sehat dan gizi seimbang.
  1. Berikan susu powermix 3x1sdm dan Spirulina Plus 3×1 kaplet per hari untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya.
  1. Berikan obat-obatan simptomatik untuk mengurangi gejala demam dan nyeri mulut.
  1. Usahakan penderita tidak beraktivitas di luar rumah (bersekolah atau ke kantor) selama 7-10 hari setelah ruam muncul.