Waspadai, 5 Hal Ini Bikin Vagina Tiba-Tiba Membengkak dan Nyeri

cara menghilangkan bau vagina

DokterSehat.Com – Vagina adalah organ pada tubuh wanita yang cukup rumit dan sering terkena masalah. Kalau Anda tidak menjaganya dengan baik, vagina bisa dengan mudah mengalami gangguan seperti gatal, infeksi, hingga kutil kelamin yang bisa memicu munculnya kanker leher rahim atau serviks.

Selain penyakit yang sudah umum terjadi, vagina juga sering mengalami pembengkakan. Kondisi ini biasanya terjadi secara tidak terduga dan membuat wanita merasakan nyeri dan tidak nyaman selama berhari-hari. Waspadai 5 penyebab vagina nyeri di bawah ini.

1. Tidak menjaga sanitasi

Vagina tidak sama dengan penis yang merupakan organ luar. Anda harus menjaga vagina dengan baik mulai dari sanitasinya. Setelah kencing, bersihkan vagina dari urine sampai tuntas. Selanjutnya ganti celana dalam secara rutin sehari 2 kali.

Saat Anda mengalami menstruasi, jangan lupa mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali. Lebih lanjut, jangan gunakan sabun berbahan kimia untuk membersihkan vagina.

2. Aktivitas seks terlalu kasar

Seks yang terlalu intens kadang membuat wanita tidak sadar dengan kondisi vaginanya Mereka baru sadar terjadi pembengkakan beberapa jam atau esok harinya.

3. Alergi

Saat berhubungan badan, mungkin pasangan Anda menggunakan kondom. Sayangnya, tidak semua vagina tahan dengan kondom khususnya yang berbahan lateks. Akibatnya setelah bercinta vagina jadi gatal dan membengkak.

4. Terpapar zat kimia

Vagina adalah organ yang sangat sensitif. Sedikit saja terkena bahan kimia berbahaya bisa mengalami pembengkakan. Waspadai penggunaan sabun atau cairan pembersih vagina ya.

5. Infeksi penyakit

Infeksi penyakit menular seksual seperti gonore atau klamida juga menyebabkan pembengkakan pada vagina. Kondisi ini akan terus parah kalau tidak segera dihentikan penyebabnya.

Inilah 5 hal yang bisa membuat vagina tiba-tiba membengkak dan nyeri. Semoga bisa membuat kita semua lebih waspada saat menjaga vagina.