Waspadai 5 gejala serangan jantung ini pada wanita!

DokterSehat.Com – Sebenarnya wanita lebih berisiko terkena serangan penyakit jantung dibanding pria. Namun pada kenyataanya kasus serangan jantung lebih banyak menimpa para pria. Kenali tanda dan gejalanya sebelum terlambat.

11

Jantung merupakan salah satu organ vital yang penting untuk dijaga kesehatannya. Mereka, (wanita pada khususnya) yang mengalami atau menderita penyakit jantung, umumnya disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen ke jantung, sehingga jantung tak berfungsi dengan baik.

Kebiasaan buruk yang sering tidak kita sadari, terutama pola makan, sangat berpengaruh pada gangguan kesehatan jantung. Ini bukan penyebab tunggal. Masalah pada jantung juga dipicu kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga dan stres berkepanjangan.

Terlebih lagi pada wanita perokok, gangguan kesehatan jantung lebih berpotensi. Ini karena ketidakstabilan hormon estrogen dalam tubuh akibat paparan zat nikotin. Padahal, estrogen merupakan horom penangkal penyakit jantung.

Penyakit yang paling sering terjadi adalah serangan jantung. Dalam laporan Prevention, setiap tahunnya selalu ditemukan data bahwa wanita meninggal dunia karena serangan jantung. Artinya, wanita memang lebih berisiko terkena serangan jantung dibandingkan pria.

Untuk menghindarinya, wanita wajib mengetahui gejala serangan jantung pada diri mereka :

  1. Napas pendek
    Napas yang pendek-pendek merupakan salah satu gejala awal serangan jantung. Anda bisa saja tiba-tiba mengalami napas yang pendek tanpa alasan yang jelas. Rasanya sama dengan ketika Anda mencoba menarik napas setelah berlari naik tangga. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas seperti ini, sebaiknya berhati-hatilah dengan serangan jantung yang mengikutinya.
  1. Keringat berlebihan
    Berkeringat berlebihan adalah salah satu gejala serangan jantung pada wanita. Namun jangan salah artikan gejala ini dengan rasa panas yang terjadi pada wanita menopause. Pastikan gejala lainnya yang mengikuti hal ini seperti keringat yang berlebih.
  1. Kelelahan yang berlebihan
    Wanita bisa mengalami rasa lelah yang berlebihan meski mereka tidak melakukan aktivitas yang menguras energi. Energi terkadang bisa sangat turun ketika seseorang akan mengalami serangan jantung.
  1. Sakit pada dada
    Sakit pada dada adalah salah satu gejala serangan jantung pada wanita. Namun rasa sakitnya berbeda dari rasa sakit yang dialami oleh pria. WebMD melaporkan bahwa wanita merasakan rasa sakit yang terasa seperti menghimpit dan terasa penuh pada dada mereka, bukan rasa sakit yang menusuk seperti pria. Selain itu, rasa sakit pada wanita bisa tak hanya terasa pada bagian samping, tetapi di semua bagian dada.
  1. Sakit bagian atas tubuh
    Selain rasa sakit pada bagian dada, wanita juga bisa merasakan rasa sakit yang tajam di sekitar leher, lengan bagian atas, dan rahang. Rasa sakit ini bisa sangat parah dan tiba-tiba hingga wanita bisa terbangun dari tidur karenanya. Jangan abaikan rasa sakit yang akut semacam ini karena bisa berujung pada serangan jantung.
Baca Juga:  Berbagai Penyakit Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Itulah beberapa gejala yang biasanya muncul ketika wanita akan terkena serangan jantung. Sebaiknya waspadai gejala tersebut dan jangan abaikan. Segera periksakan diri sebelum gejala tersebut semakin parah dan terkena serangan jantung.