Waspada, Zat Karsinogen Penyebab Kanker Terdapat Disekitar Kita

DokterSehat.Com – Zat karsinogen telah banyak dikenal sebagai salah satu pemicu penyakit kanker, penyakit yang dikenal sangat mematikan dan ditakuti di seluruh dunia. Banyak orang yang berpikir bahwa zat-zat karsinogen biasanya didapatkan pada lingkungan-lingkungan yang berbahaya layaknya pada pabrik kimia saja. Padahal, tanpa kita sadari, lingkungan yang dekat dengan tempat tinggal kita, khususnya yang ada di kota besar juga memiliki tingkat kebersihan yang cenderung sangat buruk sehingga bisa memunculkan zat karsinogen.

shutterstock_233501644

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa zat karsinogen ternyata memiliki kaitan erat dengan lingkungan dimana banyak orang yang hobi merokok, terkena kontaminasi bahan kimia layaknya area dekat pabrik, banyak memiliki perawatan medis, hingga area yang dekat dengan polusi baik itu polusi karena emisi gas buang kendaraan bermotor atau karena polusi pabrik. Zat karsinogen ini sendiri bisa membuat DNA tubuh manusia mengalami mutasi dan menyebabkan kanker.

Pakar kesehatan menyebutkan jika asap kendaraan bermotor di kota-kota besar menyumbangkan sangat banyak zat karsinogen yang bisa memicu kanker. Asap kendaraan bermotor, khususnya yang menggunakan mesin diesel layaknya bus kota, truk, generator, atau bahkan mesin-mesin pabrik sangat mudah ditemui di kota-kota besar dan mencapai lingkungan yang dekat dengan tempat tinggal kita. Selain itu, asap rokok yang memang sangat mudah ditemui di lingkungan dekat dengan tempat tinggal tentu akan membuat kita menjadi perokok pasif sehingga pada akhirnya akan meningkatkan resiko terkena penyakit kanker. Yang menjadi masalah adalah, asap-asap ini tidak akan mudah dihindari meskipun kita sudah memakai masker.

Zat karsinogen lain yang bisa ditemukan dekat dengan lingkungan tempat tinggal kita adalah beberapa bahan kimia. Tak perlu jauh-jauh, andai kita memakai atap yang terbuat dari bahan asbes, maka paparan kimia dari bahan asbes bisa menyebabkan kita beresiko terkena kanker. Selain itu, bahan kimia yang dipakai pada produk-produk rumah tangga layaknya produk pembersih atau bahkan produk kecantikan juga ditengarai bisa meningkatkan resiko kita terkena kanker.

Baca Juga:  Penuaan Dini Bisa Disebabkan Oleh Buruknya Kualitas tidur

Kita harus lebih selektif dan lebih berhati-hati dalam memilih produk-produk yang kita pakai sehari-hari. Sebagai contoh, produk kosmetik atau produk pembersih haruslah yang memiliki bahan-bahan yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Selain itu, cobalah untuk memakai pelindung layaknya masker yang memang bisa menahan polusi agar tidak mudah masuk ke dalam sistem pernafasan kita sehingga resiko terkena kanker pun menjadi lebih rendah.