Waspada Tas Sekolah Penyebab Sakit Punggung Pada Anak

DokterSehat.Com – Jika kita cermati, anak-anak sekolah pada jaman modern seperti sekarang ini terlihat lebih banyak membawa beban daripada saat anak-anak sekolah pada jaman dahulu. Pada jaman dahulu, anak bisa membawa tas yang kecil yang hanya diisi oleh beberapa buku dan alat tulis yang tentu akan lebih nyaman untuk dibawa. Kini, tas punggung anak sekolah terlihat jauh lebih besar bagi tubuh anak-anak yang masih kecil. Bukankah beban tas punggung yang terlalu berat akan membuat punggung anak menjadi mudah terkena rasa nyeri?

doktersehat-anak-sekolah

Cobalah anda mengecek apa saja yang dibawa oleh anak sebelum berangkat sekolah. Ya, buku pelajaran, buku LKS, buku tulis, hingga berbagai gadget seringkali dibawa oleh anak ke sekolah dalam satu tas punggung saja. Selain peralatan sekolah, anak-anak yang juga dibebani dengan kegiatan les di sore hari juga akan membawa peralatan lesnya di dalam tas. Beban yang sangat berat ini bahkan bisa bertambah dengan adanya bekal makanan atau minuman yang juga kita sisipkan pada tas sekolah. Tas sekolah pun akan sangat berat bagi kekuatan punggungnya.

Tahukah anda, sebuah penelitian yang dilakukan di Spanyol menunjukkan bahwa tas sekolah anak-anak kini memiliki berat setidaknya 15 hingga 20 persen dari berat badan anak. Padahal, pakar kesehatan berkata jika sebaiknya kita hanya membawa beban tidak melebihi 10 persen dari seluruh berat badan kita agar tulang punggung tidak terasa sakit. Penelitan yang melibatkan lebih dari 1.400 anak sekolah ini menunjukkan bahwa 50 persen anak sekolah modern kini membawa beban di atas 10 persen berat tubuhnya dan memicu meningkatnya keluhan sakit punggung pada anak-anak sekolah.

Baca Juga:  Waspada, Penyakit Ini Banyak Diderita Oleh Para Jemaah Haji

Selain beban yang berat, anak sekolah juga cenderung membawa tas dengan cara yang tidak benar. Trend membawa tas punggung sekolah belakangan bisa dikenali dengan memanjangkan tali tas punggung sehingga tas pun akan berada di sekitar pantat alih-alih tepat di punggung. Hal ini ternyata bisa membuat tas semakin membebani bahu dan juga punggung. Cobalah untuk membantu anak untuk memilah-milah barang apa saja yang bisa dibawa dan tidak perlu dibawa di sekolah. Sebagai contoh, alat make-up atau gadget yang tidak diperlukan di sekolah bisa disingkirkan saja sehingga beban tas berkurang. Gunakan pula tas punggung dengan cara yang benar, bukan dengan tali yang sangat panjang sehingga membuat tas menjadi semakin berat. Selain itu, jika anak sedang berdiri, ada baiknya tas diletakkan saja di lantai sehingga tidak akan membebani bahu dan punggung.