Waspada, Suka Bermain Gadget Sebelum Tidur Bisa Menurunkan Kualitas Sperma

DokterSehat.Com– Gadget layaknya smartphone atau laptop memang kini telah menjadi hal yang sangat sulit dipisahkan dari aktifitas sehari-hari. Kini, semua orang bahkan bisa menggunakan gadget tersebut hingga menjelang tidur. Hanya saja, bagi pria yang masih suka memainkan gadget layaknya smartphone, tablet, atau tabletnya sebelum tidur, ada baiknya mereka tak lagi melakukannya. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini ternyata bisa membuat kualitas sperma mereka menurun sehingga bisa membahayakan kesuburannya.

doktersehat-main-handphone-tidur-malam

Pakar kesehatan Profesor Randy Nelson melakukan sebuah penelitian yang ditujukan untuk mengetahui dampak buruk dari penggunaan smartphone, tablet, atau menonton televisi sebelum tidur. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa hamster percobaan yang kerap mendapatkan paparan lampu di malam hari mengalami peningkatan resiko penyakit layaknya kanker, depresi, atau penyakit jantung.

Menutur Prof. Nelson, paparan cahaya gadget atau bahkan tertidur dengan kondisi televisi masih menyala bisa menyebabkan sperma dan sel telur mengalami penurunan kualitas dengan signifikan. Jika hal ini terus terjadi, maka dikhawatirkan pria bisa mengalami penurunan kesuburan atau jika mereka berhasil mendapatkan keturunan, dikhawatirkan anak-anak mereka kelak memiliki sistem pertahanan tubuh yang jauh lebih lemah sehingga beresiko tinggi terkena berbagai macam penyakit.

Telah banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahaya penggunaan berlebihan dari gadget yang kita gunakan sehari-hari, khususnya smartphone yang seakan-akan tidak bisa dilepaskan dari tangan kita. Paparan cahaya dari gadget ini diketahui mampu merusak ritme sirkadian tubuh sehingga bisa menyebabkan gangguan tidur. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika gangguan tidur bisa memicu berbagai penyakit berbahaya.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita berhenti memainkan gadget sebelum tidur dan sebaiknya mematikannya atau menjauhkan gadget tersebut dari tempat tidur agar kualitas tidur kita tetap terjaga.