Waspada Stroke Pada Mata Bisa Hilangkan Fungsi Mata Secara Mendadak

DokterSehat.Com – Stroke mata tentunya merupakan serangan penyakit stroke yang berbahaya ada yang bisa menyebakan kebutaan total atau kebutaan ringan. Memang, stroke mata masih terasa asing di telinga.

4815310612_40dec59c8c_b

Menurut Elvioza, stroke mata berbahaya karena kejadian itu dapat menghilangkan fungsi mata secara mendadak. Untuk penyebab, memiliki pola yang sama seperti stroke pada umumnya.

Hanya saja, kalau stroke biasa disebabkan adanya masalah di organ otak, sedangkan stroke mata ada pembuluh darah mata yang pecah di mata. Akibatnya, seseorang mengalami kehilangan fungsi mata, kata dia menjelaskan.

Elvioza menambahkan bahwa stroke mata tidak langsung menyebabkan terjadinya kebutaan. Semua tergantung apakah saat pasien mengalami stroke mata, cepat ditangani atau tidak. Selain itu, tergantung dari letak kerusakannya atau tidak.
semua itu yang membuat kerusakan fungsi mata permanen atau tidaknya, kata dia menjelaskan.

Dalam kasus ini, tidak mengenal adanya golden periode. Intinya, jelas Elvioza, saat seseorang kolaps, langsung larikan ke rumah sakit agar cepat diperiksa dokter, sehingga kerusakan pada mata tidak membesar.

Untuk pengobatannya, bila terjadi kerusakan di arteri mata, maka pengobatan akan lebih difokuskan pada mendorong sumbatan. Sedangkan untuk organ vena, obat VEGF Trap Eye bisa digunakan dengan cara disuntikan.

Gaya hidup tidak sehat

Menurut Elvioza, gaya hidup tidak sehat masih menjadi penyebab terjadinya penyakit stroke mata ini. Orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol, merokok, dan diabetes, penyebab utama terjadinya stroke mata.

Akibatnya, pembuluh mata akan pecah yang akhirnya merusak fotoreseptor, yang merupakan efek dari kumulatif faktor risiko yang dimiliki.

Untuk itu, karena stroke mata banyak dialami oleh para orang lanjut usia (lansia), ada baiknya untuk menghindari faktor risiko tersebut.

Baca Juga:  Dokter Darwan Madja Purba

Ada faktor risiko yang bisa dihindari dan tidak dihindari. Kalau kayak merokok, makan yang tidak benar, semuanya bisa dihindari. Tinggal bagaimana orang tersebut saja, kata dia menekankan.