Waspada Sperma Pria Gemuk Bisa Mempengaruhi Calon Bayi

DokterSehat.Com – Seorang pria yang memiliki kelebihan berat badan tidak hanya membahayakan kesehatan dirinya sendiri, namun juga bisa mempengaruhi kesehatan calon anaknya kelak. Penelitian mengungkap bahwa ayah gemuk yang kelebihan berat badan berkemungkinan memiliki anak yang juga gemuk dan lebih berisiko terkena diabetes. Tidak hanya itu, mereka juga berkemungkinan memiliki anak yang rentan lahir prematur.



Sel-sel sperma dari pria yang memiliki tubuh ramping atau ideal dan pria yang bertubuh gemuk, memiliki tanda epigenetik berbeda yang dapat mempengaruhi perilaku gen pada si calon anak.

Dr. Romain Barres penulis studi tersebut mengatakan, saat seorang wanita hamil dia harus mengurus dirinya sendiri. Namun pada penelitian kami, peran pria juga berarti dalam mengarahkan segala hal terkait kehamilan anak dari satu pasangan, ujarnya kepada BBC, dikutip Kamis (10/12/2015).

Bagian dari penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen yang diterbirkan dalam jurnal Cell Metabolism menguji sperma dari enam pria obesitas yang menjalani operasi penurunan berat badan.

Kesimpulan dari penelitian ilmiah ini, perubahan sel sperma setelah operasi penurunan berat badan terkait dengan gen yang bertanggung jawab untuk mengontrol nafsu makan dan perkembangan otak sang calon anak.

Penelitian ini hanya dilakukan kepada sebagian orang, dari epigenetik pria ramping dan obesitas adalah suatu penelitian menarik yang layak untuk dijadikan penelitian lebih rinci, ujarnya.

Sampai kita mengetahui lebih banyak lagi, calon orangtua harus mempunyai tujuan untuk menjaga tubuhnya sesehat mungkin, apalagi pada saat pembuahan agar memberi pengaruh kesehatan yang baik pada calon anak mereka, tandasnya.

BACA JUGA : Wanita Yang Duduk Lebih Dari 6 Jam Berisiko Kena Kanker