Waspada Serangan Kutu Kelamin

Dokter Sehat – Kutu kelamin dapat menyerang siapa saja, kebersihan adalah penangkal kutu kelamin agar mereka tidak hinggap dan menetap di area kelamin anda. Rasanya jika diserang kutu ini tentulah tidak enak, gatal dan gatal. Sehingga anda akan diharuskan untuk menggaruk bagian terlarang anda sungguh tidak mengenakkan bukan, pthirus atau Phthirus pubis (disebut juga Pubic lice atau kutu Pubic) adalah serangga parasit penghisap darah yang hidup di kulit sekitar kelamin manusia. Manusia adalah satu-satunya tuan rumah parasit ini, manusia dapat juga penuh dengan kutu tubuh (Pediculus humanus corporis) dan kutu kepala (Pediculus humanus capitis).



Penyebab dan penularan kutu kelamin :

  1. Sumber infeksi kutu kelamin adalah kontak intim dengan orang yang terinfeksi.
  2. Karena penularan terjadi selama hubungan intim, hubungan seksual yang sebenarnya tidak diperlukan untuk penyebaran kutu kelamin.
  3. Kutu kelamin juga dapat ditularkan melalui kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi seperti handuk, seprai atau pakaian.
  4. Kutu tidak melompat atau terbang, maka kontak sebenarnya diperlukan untuk transmisi. Seorang individu mungkin memperoleh infeksi karena tidur bersama atau dari handuk.
  5. Kucing, anjing dan hewan peliharaan lainnya tidak terlibat dalam penyebaran kutu manusia.

Gejala kutu kelamin :

  1. Gatal dan terbakar di daerah kemaluan.
  2. Gatal dapat menyebar karena kutu kelamin bergerak ke daerah basah lain dari tubuh seperti ketiak.
  3. Gatal akan memburuk pada malam hari.
  4. Menggaruk intens dan lama dapat mengakibatkan kulit terluka dan dapat menjadi terinfeksi oleh bakteri.
  5. Demam, terbakar ketika buang air keci atau keluarnya cairan kelamin.