Waspada Sakit Kepala Belakang

Dokter Sehat – Pernahkah Anda mengalami sakit kepala secara tidak disadari atau secara tiba-tiba? Waspadalah karena hal tersebut kemungkinan Anda mengalami penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Rasa sakit merupakan cara tubuh untuk memberi alarm pada Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi dengan kesehatan, ada rasa sakit yang tidak perlu dicemaskan, tapi ada pula yang merupakan sinyal penting yang tidak boleh diabaikan dan harus mendapatkan penanganan khusus.



Jenis-jenis sakit kepala yang sering diderita :

1.Sakit kepala yang disebabkan tegang
Awalnya gejala ketegangan ini terjadi di daerah bahu, tengkorak dan otot leher yang diakibatkan karena tekanan emosional. Permulaan rasa sakitnya dari kepala belakang lalu merambat ke bagian depan, kemudian ke bagian dua sisi kepala.

2.Sakit kepala yang disebabkan migren
Sakit kepala yang disebabkan migren biasanya akan dirasakan lebih berat daripada sakit kepala yang disebabkan karena ketegangan, sakit kepala ini terjadi biasanya di satu sisi kepala saja, terkadang juga di bagian belakang salah satu mata. Sakit kepala ini sering disebut dengan sakit kepala sebelah, untuk wanita bisa tiga kali lebih banyak dari laki-laki dalam menderita migren. Perubahan hormonal merupakan penyebab utamanya.

3.Sakit kepala yang disebabkan alergi
Gejala hidung meler, kerongkongan terasa sakit dan mata menjadi berair merupakan gejala yang sering mengiringi gangguan ini. penyebab dari kemunculannya bisa disebabkan oleh makanan tertentu dan semua yang dapat menyebabkan alergi.

4.Sakit kepala yang disebabkan karena beragam gejala
Biasanya yang sering terserang gangguan ini adalah kaum pria, tanda-tandanya gangguan ini dapat berupa rasa nyeri yang luar biasa dan sering terpusat di daerah sekitar rongga mata serta mata terlihat berair serta hidung yang meler.

Baca Juga:  Pekerja yang Dapat Jatah Cuti Sakit Jadi Jauh Lebih Sehat

5.Sakit kepala yang disebabkan pasca trauma
Terjadinya kecelakaan merupakan penyebab munculnya gangguan ini, walaupun cedera yang terjadi di kepala hanya sedikit. Terkadang rasa sakit ini muncul setelah beberapa hari,minggu atau bulan dari waktu terjadinya kecelakaan atau cedera dan gangguan ini bisa berlangsung sampai satu tahun setelah terjadinya trauma.

6.Sakit kepala yang disebabkan sinus
Dari gejalanya sendiri gangguan jenis ini mudah dikenali, apabila lubang hidung tertutup satu atau dua maka rasa nyeri dapat meluas ke atas pipi dan juga dahi. Untuk bagian itu disentuh saja akan terasa nyeri karena bagian-bagian tersebut sangat peka.