Waspada Saat Mata Merah Habis Berenang

DokterSehat.Com – Berenang di tengah cuaca terik seperti belakangan ini rasanya memang menyegarkan. Banyak manfaat yang diperoleh dengan berenang, selain bisa membentuk tubuh ideal, meninggikan badan, menguatkan jantung, menurunkan berat badan juga bisa meredakan stress.



Bagi yang tidak punya kolam renang di rumah sendiri, pilihannya adalah berenang di kolam renang umum. Kolam renang yang semua orang bisa mengakses.

Namun ternyata kolam renang publik tersebut tidak sehat, karena kemungkinan besar di kolam renang tersebut mengandung kadar air kencing berlebihan. Hal ini terjadi di Beijing. Seperti dilansir shanghaiist, setengah dari kolam renang umum yang telah diuji ternyata mengandung kadar kencing berlebihan.

Padahal sesuai standar sebuah kolam renang harus berisi tidak lebih dari 3,5 miligram per liter dari urea, senyawa kimia yang ditemukan dalam air seni.

Sebenernya kandungan urea yang ada dalam air kencing yang telah bercampur dengan air tidak berbahaya bagi kesehatan, hanya kotor saja, kata otoritas kesehatan setempat. Senyawa itu hanya membuat mata terasa panas, menyenga, tambahnya.

Ketika kami berenang, mata kita merah, itu karena banyak perenang yang kencing di dalam kolam, kata Michele Hlavsa, Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Nitrogen dalam urin bercampur dengan klorin dan membentuk apa yang dikenal sebagai chloramine dan chloramine inilah yang menyebabkan mata merah.

Jadi jika ingin berenang di kolam renang umum, sebaiknya memilih kolam renang yang tidak begitu ramai dan lebih bersih.