Waspada Pusing Yang Muncul Setelah Kita Berdiri

DokterSehat.Com – Rasa pusing sebenarnya adalah hal yang normal terjadi pada tubuh kita. Biasanya, pusing ini terjadi karena adanya penurunan tekanan darah secara mendadak dan bisa segera pulih dengan segera. Banyak pakar kesehatan yang menganggap hal ini yang tidak terlalu serius, asalkan rasa pusing ini tidak muncul beberapa menit setelah kita berdiri dari posisi duduk atau tidur. Jika anda mengalami rasa pusing ini atau bahkan bisa jatuh pingsan beberapa menit setelah mulai berdiri, bisa jadi tubuh sedang mengalami masalah kesehatan yang lebih serius.

doktersehat-penglihatan-mata-kabur-miopi

Sebuah penelitian dilakukan di Harvard dengan partisipan sejumlah 165 orang yang berusia rata-rata 59 tahun. Semua partisipan memiliki penyakit “delayed orthostatic hypotension”, atau sebuah kondisi kesehatan dimana kepala bisa merasakan pusing karena tekanan darah yang menurun. Penderita penyakit ini juga memiliki resiko yang sangat besar mendapatkan kematian dan penurunan fungsi otak secara signifikan. Dari semua partisipan penelitian ini, mereka yang sering mendapatkan kondisi pusing ternyata memiliki resiko kematian yang sangat besar, yakni 29 persen. Bahkan, penderita kondisi pusing ini bisa memiliki resiko terkena penyakit degeneratif otak layaknya demensia atau parkinson yang sangat tinggi, hingga 31 persen. Jika kita bandingkan dengan kondisi orang yang sehat, maka resiko kematian yang hanya 9 persen dan resiko terkena penyakit degeneratif otak yang hanya 8 persen tentu sangatlah kontras.

Lebih dari separuh partisipan, yakni 54 persen dari 165 total partisipan ternyata juga memiliki resiko mendapatkan penyakit yang lebih serius cukup besar. Bahkan, resiko mendapatkan berbagai penyakit berbahaya pun bisa meningkat dengan signifikan setelah 10 tahun penelitian.

Dengan adanya fakta ini, kita tentu tidak boleh lagi menyepelekan rasa pusing yang terjadi setelah kita berdiri dari posisi duduk atau tiduran. Jika kita mengalami rasa pusing ini dengan frekuensi cukup sering, segera perikaskan kondisi ini ke dokter tedekat sehingga jika ternyata rasa pusing ini beresiko menimbulkan gangguan kesehatan yang jauh lebih serius, kita sudah memiliki cara untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi.