Waspada Perut Buncit Memicu Banyak Penyakit

DokterSehat.Com – Banyak orang, khususnya yang telah berusia dewasa dan sudah menikah, yang kurang begitu memperhatikan kondisi tubuhnya. Beberapa pria dan wanita yang sudah memiliki anak bahkan cenderung membiarkan tubuhnya menggemuk dengan lingkar perut yang semakin membuncit. Mitos bahwa mereka yang sudah memiliki keluarga akan cenderung hidup dengan tenang dan nyaman sehingga perut pun akan cenderung membesar. Alih-alih tenang dan nyaman, perut yang membuncit ternyata beresiko memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh!



Peter Ting, seorang dokter spesialis jantung dari Gleneagles Hospital menuturkan bahwa mereka yang memiliki perut buncit ternyata memiliki resiko yang sangat besar mendapatkan penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lain layaknya tekanan darah tinggi. Beberapa penyakit berbahaya lainnya layaknya diabetes tipe dua, perlemakan hati, kanker, kista, hingga demensia juga bisa dipicu oleh perut yang semakin membuncit. Dokter Ting menuturkan bahwa kebanyakan orang berpikir bahwa asalkan menurunkan berat badan mereka telah memiliki tubuh yang sehat dan aman. Padahal, menjaga lingkar perut agar membuncit juga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Perut yang membuncit menjadi tanda dimana terdapat banyak sekali lemak yang tersisa dan bertumpukan karena adanya gangguan pada metabolisme tubuh. Selain membuat tampilan tubuh menjadi tidak baik, lemak-lemak inilah yang bisa membuat pembuluh darah tersumbat dan memicu gangguan kardiovaskular serta penyakit jantung. Tumpukan lemak pada perut juga bisa membuat beberapa organ pencernaan layaknya hati akan tertutupi dengan lemak sehingga bisa memicu beberapa penyakit berbahaya layaknya perlemakan hati.

Dokter Ting menekankan jika idealnya wanita wanita dewasa memiliki lingkar perut tidak lebih dari 80 cm dan bagi pria dewasa, ukuran lingkar perut juga sebaiknya tidak melebihi 90 cm. Untuk mendapatkan lingkar perut yang ideal, kita tentu harus melakukan pola makan yang sehat, menghindari gaya hidup buruk layaknya mengkonsumsi makanan cepat saji, alkohol, atau bahkan merokok, dan melakukan olahraga rutin yang bisa menurunkan lingkar perut dengan signifikan.

Baca Juga:  Menjaga Kondisi Perut Agar Tetap Rata