Waspada Peralatan Di Rumah Yang Berbahaya Bagi Anak

DokterSehat.Com – Ada banyak produk yang masih mengandung CFC (chlorofluorocarbon yang sebenarnya sudah dibatasi karena merusak lapisan ozon) dan BPA (Bisphenol A yan telah dilarang digunakan untuk botol bayi di Kanada karena kandungan esterogen yang memicu kanker dan dapat memengaruhi sistem endokrin tubuh). Produk-produk itu bisa ada di sekitar kita dan berbahaya bagi orang, termasuk anak-anak.

15

Berikut alat di rumah yang berbahaya bagi anak :

  • Ponsel
    Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa gelombang radio ponsel memiliki risiko bagi otak anak yang berada dalam tahap tumbuh kembang. Untung hal berbahaya tersebut sedikit lebih tidak berisiko bagi orang dewasa.
  • Wajan anti lengket
    Kandungan asam perfluorooctanoic (PFOA) dalam peralatan masak dapat memicu munculnya kerusakan hati, kanker, dan cacat lahir. Bayangkan saja, bahan yang seharus menjadi pelindung dan pelicin setrika berada dalam wajan, panci, atau wadah rice-cooker Anda.
  • Kursi bayi
    Kursi mobil memang dirancang untuk memaksimalkan keamanan dan kenyamanan saat bepergian. Ironinya, bahan yang digunakan justru bisa menimbulkan bahaya, mulai dari hati, tiroid, hingga sistem saraf.