Waspada Penyakit Liver, Penyakit Penyumbang Kematian Terbesar Di Indonesia

DokterSehat.Com – Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit liver sering dianggap sebagai pembunuh diam-diam, karena kemungkinan tidak timbulnya gejala. Menurut data WHO tahun 2013, angka penderita penyakit liver di Indonesia diperkirakan mencapai 28 juta orang. Artinya, di dalam setiap 10 orang Indonesia, terdapat lebih dari satu orang penderita penyakit liver.



Bahkan menurut catatan Kementerian Kesehatan, hanya sekitar 5-10 % yang terdeteksi tenaga kesehatan, sedangkan sisanya atau sekitar 70% tidak terjamah atau terdeteksi oleh tenaga kesehatan. Maka dari itu, Penyakit liver merupakan salah satu dari 10 penyakit terbesar penyebab kematian di Indonesia.

Sekitar 70 persen dari jumlah tersebut adalah penderita Hepatitis B, sementara 10 juta di antaranya merupakan penderita fibrosis hati, serta 3 hingga 5 juta dari populasi tersebut terkena sirosis hati,” ungkap Dr Victor Lee sebagai General Surgeon Gleneagles Hospital Singapore, di kawasan Jakarta Pusat Rabu 19 Agustus 2015.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, meskipun angka penderita liver di Indonesia sangat tinggi, Gleneagles Hospital Singapore mengajak masyarakat Indonesia untuk memahami lebih dalam mengenai penyakit liver dan risikonya.

Pemahaman masyarakat mengenai penyakit ini masih sangat rendah. Akibatnya banyak dari mereka yang tidak mendapatkan penanganan dini secara tepat, jelasnya.

Oleh karena itu, rumah sakit tersebut telah meluncurkan kampanye Operasi Kuning di Jakarta. Untuk memberikan informasi memadai bagi masyarakat, supaya lebih waspada terhadap kesehatan liver.