Waspada, Penyakit Ini Kerap Muncul di Hari Raya Lebaran

DokterSehat.Com– Meskipun dikenal sebagai Hari Kemenangan, bukan berarti kita bisa dengan santai tidak memperhatikan kondisi kesehatan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Pakar kesehatan menyebutkan di hari raya ini, kita cenderung mengkonsumsi makanan dan minuman yang sangat tidak sehat layaknya makanan bersantan dan minuman manis. Tak hanya itu, kita juga mengkonsumsi makanan dan minuman dengan berlebihan. Padahal, tubuh kita biasanya masih dalam proses adaptasi mengubah sistem metabolisme yang sebelumnya terbiasa tidak mengkonsumsi makanan dan minuman apapun di siang hari saat bulan puasa. Jika kita sembarangan dalam makan dan minum, maka kita pun akan mengalami masalah kesehatan yang memang kerap muncul di Hari Raya Lebaran seperti sebagai berikut.

doktersehat-jilbab-hijab-muslim-puasa

Maag
Hari Raya Lebaran Identik dengan makanan daging-dagingan, pedas, dan bersantan. Jika kita mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan dan dengan cepat, maka kita bisa mengalami sakit maag.

Diare
Makanan yang bersantan dan bersantan khas Lebaran juga kerap kali dimasak dengan berbagai jenis bumbu dan rempah-rempah. Tak disangka, konsumsi makanan ini juga bisa membuat kita mengalami gangguan pencernaan layaknya diare.

Radang tenggorokan
Rasa pedas dan bumbu yang sangat kuat juga bisa membuat tenggorokan kita mengalami peradangan. Tak hanya itu, konsumsi es atau sirup saat Hari Raya Lebaran juga bisa menyebabkan masalah kesehatan ini.

Kolesterol dan asam urat
Seringkali kita tidak memperhatikan asupan makanan sehat saat Hari Raya Lebaran, khususnya dalam mengkonsumsi makanan yang kaya akan kolesterol atau minuman yang kaya gula. Hal ini ternyata bisa membuat kadar gula darah, kolesterol jahat, hingga asam urat meningkat dengan signifikan.

Kelelahan
Tak hanya konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, kebiasaan kita untuk mengunjungi tetangga dan rumah-rumah saudara ternyata juga bisa membuat kita kelelahan.