Waspada Penyakit Ini Jika Uban Sudah Muncul Sebelum 30 Tahun

DokterSehat.Com– Rambut yang memutih atau yang kerap kita sebut sebagai uban adalah hal yang wajar terjadi. Hanya saja, uban ini biasanya baru muncul saat usia seseorang mencapai 45 tahun atau lebih. Cukup banyak orang yang sudah beruban di usia muda, bahkan sejak usia remaja. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika sebelum berusia 30 tahun anda sudah beruban, bisa jadi ini adalah tanda dari masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-rambut-uban

Penyakit jantung
Jika anda adalah pria yang sudah beruban sejak usia yang sangat muda, segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter yang ahli di bidang jantung. Datangnya uban di usia muda ini dikaitkan dengan peningkatan resiko terkena penyakit jantung iskemik yang sangat berbahaya.

Masalah autoimun
Penyakit autoimun bernama alopecia areata bisa menyebabkan seseorang memiliki rambut dengan warna cerah di usia muda. Penderita penyakit ini juga cenderung mudah kehilangan rambutnya dengan cepat.

Kebiasaan merokok
Mereka yang terbiasa merokok cenderung lebih mudah beruban jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Selain itu, para perokok juga cenderung lebih mudah mengalami kerontokan rambut.

Stress
Penyebab paling umum dari munculnya uban di usia muda adalah stress yang berlebihan. Stress bisa membuat rambut menjadi tidak sehat sehingga akhirnya beruban.

Kekurangan asupan nutrisi tertentu
Jika kita tidak menerapkan pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang sehingga kekurangan asupan vitamin D3 dan vitamin B12, maka rambut pun akan kehilangan kadar melanin, zat yang berfungsi untuk memberikan warna pada rambut. Hal ini akan membuat rambut lebih cepat beruban.