Waspada Olahraga Berlebihan Dapat Memicu Kebotakan

DokterSehat.Com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan sebuah fakta yang sangat mengejutkan dimana olahraga yang dilakukan secara berlebihan ternyata bisa memicu masalah pada kesehatan rambut berupa kebotakan. Olahraga yang dianggap mampu memicu masalah kebotakan sendiri adalah olahraga yang dilakukan dengan sangat berat dan berlebihan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

Olahraga pada dasarnya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih bugar mengingat sistem peredaran darah akan menjadi jauh lebih lancar dan banyak kalori yang terbakar yang tentu sangat baik bagi tubuh. Bahkan, beberapa orang mengklaim jika olahraga yang teratur akan mencegah kerontokan. Sayangnya, olahrga yang dilakukan terlalu keras dan melampaui kemampuan tubuh justru memberikan efek yang sebaliknya, yakni kerontokan berlebihan pada rambut. Kebotakan ini terjadi karena tubuh cenderung mengalami stress dalam level kronis karena dipaksa melakukan olahraga secara brelebihan. Stress dengan level kronis inilah yang menimbulkan masalah telogen effluvium, kondisi yang membuat folikel rambut berada dalam fase istirahat dan memicu kerontokan yang sangat hebat dan tidak diimbangi dengan tumbuhnya rambut.

Selain masalah telogen effluvium, olahraga yang dilakukan berlebihan ternyata bisa membuat tubuh kekurangan zat besi atau masalah anemia. Selain memberikan rasa lemah dan lesu pada tubuh, anemia ini juga berperan besar dalam membuat masalah kerontokan atau kebotakan pada rambut. Satu lagi penyebab kebotakan karena olahraga berlebihan adalah adanya keringat yang berlebihan pada area rambut yang bisa memicu kerontokan rambut, khususnya jika tidak benar-benar dibersihkan dengan shampoo secara teratur.

Untuk menghindari masalah kebotakan ini, ada baiknya kita menyesuaikan olahraga dengan porsi dan kekuatan yang kita butuhkan. Jangan lakukan olahraga berlebihan karena kita tidak akan mendapatkan efek yang positif dan justru beberapa masalah kesehatan bisa kita dapatkan. Jaga pula asupan gizi harian kita sehingga rambut pun akan tetap ternutrisi dengan baik sehingga masalah kerontokan rambut atau kebotakan bisa dicegah dengan baik.