Waspada, Obat Nyamuk Semprot Bisa Menyebabkan Anak Mengalami Pubertas Dini

DokterSehat.Com– Kini, semakin banyak orang yang menggunakan obat nyamuk semprot untuk mengatasi banyaknya nyamuk atau serangga yang sangat mengganggu. Meskipun terlihat lebih praktis untuk digunakan dan memiliki bau yang wangi, pakar kesehatan menganggap penggunaan obat nyamuk semprot ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa obat nyamuk semprot ini bisa menyebabkan anak mengalami pubertas dini.

doktersehat-obat-semprot-nyamuk

Pakar ksehatan yang merupakan associate professor dari Zhejian University yang ada di kota Hangzhou, China, bernama Jing Liu menyebutkan bahwa bahan kimia yang ada dalam obat nyamuk semprot bernama piretroid ternyata menyumbang sekitar 30 persen penggunaan inseksitida di seluruh dunia. Yang menjadi masalah adalah, zat kimia ini ternyata bisa berfungsi sebagai zat kimia endokrin yang akan mengganggu keseimbangan hormon pada tubuh, khususnya tubuh anak. Tak hanya itu, obat nyamuk semprot ternyata juga memiliki racun bernama axonix yang sangat berbahaya bagi saraf.

Menurut Liu, bahan kimia piretroid ini ternyata mampu membuat anak laki-laki mencapai kedewasaan seksual secara dini. Padahal, pubertas dini ini ternyata akan meningkatkan beberapa resiko kesehatan pada anak saat usianya dewasa nanti, khususnya berupa penyakit kanker testis atau bahkan kanker payudara. Selain itu, pubertas dini bisa memicu gangguan pertumbuhan atau bahkan masalah perilaku pada anak.

Dalam penelitian ini sendiri, Liu dan timnya melakukan pemeriksaan pada 463 anak laki-laki dengan usia 9 hingga 16 tahun di China. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa paparan piretroid dari obat nyamuk semprot mampu bereaksi dengan urine manusia menjadi asam 3-phenoxybenzoic atau 3-PBA. Yang menjadi masalah adalah, peningkatan 10 persen saja dari asam 3-PBA ini bisa meningkatkan 4 persen hormon testosteron pada anak laki-laki tersebut dan akhirnya memicu pubertas dini. Dengan adanya fakta ini, ada baiknya orang tua lebih bijak dan tidak berlebihan dalam menggunakan obat nyamuk semprot di rumahnya demi kesehatan anak-anak.